MBKM

Festival Budaya Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara dan Acara Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 pada hari Jumat, 21 Juni 2024, bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat. Dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, LO mahasiswa UNY, para mahasiswa PMM, dan para dosen pamong atau pengampu.

Pameran Dhumapatram 2024, Menelaah Sejarah Sebagai Rekognisi Akulturasi

Mahasiswa prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik UNY mengadakan Pameran Dhumapatram pada Senin-Selasa 10-11 Juni 2024 di Museum Pendidikan Indonesia. Dengan tema ‘Perjalanan Akulturasi Tembakau Nusantara’ pada kelas MBKM Museologi yang diampu oleh Kuncoro Hadi, MA. dan Nanang Setiawan, MA.

Pengalaman Silvi Meningkatkan Literasi Siswa Dalam Program MSIB di Klub Literasi Sekolah (KLS) Bersama SEAQIL

Silvi Nur Suhailin merupakan salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terpilih untuk melaksanakan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Workshop Program Wirausaha Merdeka bagi Mahasiswa UNY

Yogyakarta, 23 Februari 2024 - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi saksi dari langkah besar dalam upaya mendorong kemandirian ekonomi bagi mahasiswa. Hari ini, kampus yang terkenal dengan keberagaman dan semangat kewirausahaan ini menggelar acara sosialisasi yang bertajuk "Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Mahasiswa, Melalui Program Wirausaha Merdeka" di Ruang Sidang Utama UNY.

Peelack.id “Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Pengelolaan Limbah Organik” 

Berawal dari melihat banyaknya rumah makan dan penjual jus buah di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta yang menghasilkan limbah organik sisa penjualan yang dapat membahayakan lingkungan. TIM P2MW yang beranggotakan Ayu Larasati (Pendidikan Matematika), Aqillah Azahra Al Amini (Administrasi dan Keuangan/Pendidikan Ekonomi), Fitria Nurul Agisna (Pendidikan Sejarah), Endah Rianingsih (Kimia), dan Yusron Ahmad Nur Rifai (S-1 Teknik Sipil) dibawah bimbingan Dr. Yudan Hermawan, MPd (Dosen PLS FIPP) berinisiatif untuk mengolah limbah sampah tersebut.

Seminar Program Wirausaha Merdeka “Build Your Own Business”

Dalam rangka memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta mengenai proses membangun dan mengelola bisnis mereka. Hari Sabtu (16/9) di Ruang Sidang Utama Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha menggagas diselenggarakan seminar Program Wirausaha Merdeka. Seminar ini dirancang untuk membantu peserta Program Wirausaha Merdeka untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Sekjen Kemenaker RI Berikan Kuliah Umum “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja di Era 5.0” di UNY

Era society 5.0 telah datang dan membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Banyak orang yang merasa cemas dan khawatir akan persaingan tersebut. Terutama dengan semakin canggihnya teknologi yang dapat menggantikan banyak pekerjaan manusia. Era society 5.0 adalah era di mana teknologi menjadi sangat canggih dan terintegrasi dengan kehidupan manusia. Era ini juga dikenal dengan nama "Era Kebangkitan Industri 4.0," yang menggambarkan revolusi industri. Sehingga, terkadang membuat mahasiswa atau alumni merasa cemas untuk terus melangkah dan mencari pekerjaan pada era yang akan datang.