Tim PkM UNY Gelar Workshop Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Deep Learning

Tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diketuai oleh Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. bersama anggota Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si., Dr. Elly Arliani, M.Si., dan Husna Arifah, M.Sc. berkolaborasi dengan MGMP Matematika SMP Kabupaten Bantul menyelenggarakan Workshop Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Deep Learning dan Asesmen. Kegiatan ini berlangsung pada 25 September 2025 di SMP Negeri 1 Imogiri dan akan berlanjut pada pertemuan kedua pada 2 Oktober 2025.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala SMP Negeri 1 Imogiri, Surahman, S.T., yang menyampaikan apresiasi atas inisiatif UNY dalam memberikan ruang peningkatan kompetensi guru Matematika. Selanjutnya, Ihwan Santoso, S.Pd. selaku Ketua MGMP Matematika Kabupaten Bantul juga menyambut baik kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. selaku Ketua Tim PKM UNY menekankan pentingnya guru untuk terus belajar dan berinovasi dalam pembelajaran matematika. “Kami berharap workshop ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga memantik kreativitas Bapak/Ibu guru dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna, berkesan, dan mendalam bagi siswa,” ujarnya.

Sesi pertama menghadirkan Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si. yang memaparkan konsep Deep Learning dalam pembelajaran. Ia menekankan bahwa pendekatan ini bukan sekadar metode, melainkan filosofi belajar yang mengedepankan kesadaran, keterhubungan dengan konteks nyata, serta proses belajar yang holistik. Materi ini disambut antusias, bahkan peserta merasa gaya penyampaiannya “mak tek!” karena mampu memberi contoh konkret penerapan di kelas.

Materi kedua dibawakan oleh Prof. Dr. Kana Hidayati, M.Pd. dengan fokus pada asesmen pembelajaran berbasis Deep Learning. Ia menekankan bahwa asesmen seharusnya tidak berhenti pada hasil akhir, melainkan bagian integral dari proses pembelajaran. Guru didorong untuk menerapkan asesmen formatif berkelanjutan, menguatkan konsep dasar, serta memberikan umpan balik yang konstruktif.

Sesi terakhir dipandu Dr. Elly Arliani, M.Si. yang mengupas Growth Mindset dan strategi metakognitif. Beliau menjelaskan bahwa siswa dengan pola pikir berkembang akan lebih tangguh menghadapi tantangan. Jika dikombinasikan dengan kesadaran mengatur dan mengevaluasi proses belajar (metakognitif), maka pembelajaran matematika menjadi lebih mendalam dan berkelanjutan. Materi ini terasa dekat dengan realitas keseharian siswa, sehingga peserta aktif berdiskusi dan bertanya.

Workshop ditutup dengan kesimpulan penting: guru perlu menyajikan konteks nyata agar pembelajaran bermakna, menumbuhkan growth mindset pada siswa, serta mengembangkan asesmen sebagai bagian dari perjalanan belajar. Seorang peserta, Rizka Zunanto, M.Pd., menyampaikan kesannya bahwa kegiatan ini “sangat menggembirakan dan membangkitkan semangat Life Long Learner.”

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat