FMIPA Pelatihan

Paradigma Lama dan Baru Dalam Menulis Karya Ilmiah

Workshop ini untuk meningkatkan kualitas jurnal kita. Jurnal merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dari kualitas kinerja utama universitas baik difakultas maupun perguruan tinggi. Para pengurus/pengelola jurnal ini merupakan ujung tombak bagaimana kita bisa menghasilkan banyak aspek yang mampu untuk meningkatkan kualitas FMIPA.

Ecoprint Menjadi Model Inovasi Project Based Learning Di SMK Program Keahlian Teknik Kimia Industri

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu, beradaptasi di lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan mengembangkan diri.

Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Dan Gizi Bagi Warga Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah

Kelompok Pengabdian Masyarakat dari dosen Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari dr. Kartika Ratna Pertiwi, Ph.D., Dr. Evy Yulianti, Agung Wijaya Subiantoro, M.Pd., Ph.D., melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat didesa Sidorejo, Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 6/8/22 di gedung PKK desa setempat.

Adaptasi Repatriasi Masyarakat Indonesia Di Jepang Melalui Kegiatan PKM Kerjasama Internasional

Salah satu tagihan kinerja dosen yang termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan ini merupakan usaha nyata dosen menyumbangsihkan ilmu dan pengetahuan bidang keilmuannya kepada masyarakat sasaran yang membutuhkan. Kegiatan PKM ini tidak dibatasi hanya dapat dilakukan di wilayah yang dekat dengan institusi, tetapi juga dapat dilakukan di tempat yang jaraknya jauh dengan universitas, bahkan luar negeri.

Edukasi Interaktif Kesehatan Reproduksi Bagi Warga Desa Keputran Klaten

Memiliki kesehatan reproduksi yang prima menurut PBB dan WHO merupakan hak dasar setiap manusia terutama bagi wanita. Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah merupakan salah satu desa dengan target akseptor KB yang tinggi mengingat banyaknya jumlah pasangan usia subur (PUS) di daerah tersebut.

Tahun 2022 Akselerasi Akreditasi Jurnal

Pada tahun 2022  kami  mencoba melakukan akselerasi untuk pengajuan akreditasi jurnal. Pada 2 tahun terakhir mengalami beberapa kendala.  Pada tahun 2021 ada sekitar 2000 jurnal yang harus kami nilai dan sudah diumumkan 2 kali dengan SK akreditasi. Pada 2022  kami juga sudah mengumumkan periode pertama terkait usulan akreditasi dan saat ini sedang proses penilaian periode kedua. Bulan Juli atau Agustus hasil penilaian periode II sudah bisa kami umumkan.

Pengembangan Kurikulum Prodi Doktoral

FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi (prodi) Doktoral Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan IPA pada Jumat, 21/1/22. Kegiatan yang  dilaksanakan secara  luring dan daring ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., dari Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si.,  dari Universitas Pakuan, dan Prof. Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta.

KIAT KIAT MENCAPAI PRESTASI DALAM SITUASI PANDEMI.

Pandemi bukan menjadi penghalang, tetapi sebuah peluang kesempatan untuk mencapai atau meraih prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi lainnya.Setiap orang akan berkerja sesuai dengan kecenderungan kompetensinya masing masing,tidak mungkin satu orang bisa menguasai semua kompetensi. Sahabat nabi sendiri memiliki kompetensi yangberbeda beda satu sama lain. Ada yg ahli dalam bidang tafsir, berdagang, dll.

MIE JAGUNG, KARYA MAHASISWA UNY BAGI PEMBERDAYAAN WARGA GUNUNGKIDUL

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah salah satu agenda kegiatan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Tujuannya adalah menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.