PPG

Yudisium Pendidikan Profesi Guru UNY

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan yudisium Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara daring dan luring di Auditorium, Rabu (7/2). Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi (PPK) UNY Prof. Erwin Setyo Kriswanto mengatakan yudisium PPG diikuti 1103 orang dari lulusan UKMPPG Periode IV tahun 2023.

698 Mahasiswa Mengikuti Orientasi Akademik PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024

Unit Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Rabu (17/1) menyelenggarakan orientasi akademik bagi mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024 di Gedung Pertunjukan Performance Hall FBSB. Kegiatan ini diikuti oleh 698 mahasiswa yang berasal dari 16 bidang studi.

Teruslah Belajar Sepanjang Hayat, Milikilah Jiwa Profesional, dan Berkarakter Mulia

Pagi yang cerah di hari Sabtu (12/3), nampak sejumlah 30 orang perwakilan peserta PPG Dalam jabatan dan PPG Prajabatan mengikuti Yudisium Program Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2022, di Auditorium UNY. Yudisium dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bahkan peserta maupun undangan terbatas jumlahnya.

UNY TEMPAT PALING TEPAT MENGUNGKIT KESADARAN MENJADI GURU YANG DIBINGKAI DENGAN KOMPETENSI-KOMPETENSI

“Melalui PPG ini, kita semua berharap dapat mengupdate diri kita sehingga kita tidak menjadi lawas tergerus pada dinamika jaman, dan kata kuncinya adalah ketika kita ingin menjadi guru yang baik, disamping kompetensi-kompetensi yang perlu disiapkan mulai dari kompetensi pedagogy sampai dengan kompetensi sosial, adalah kepemilikan, penguasaan, dan persahabatan kita dengan teknologi,” demikian disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdahani, S.TP., M.T.

PANITIA NASIONAL PUAS ATAS KOMITMEN DAN KINERJA UNY SEBAGAI KOORDINATOR UP UKMPPG 2021

“Pada saat ini seorang guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik harus mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Ketika seorang mahasiswa sudah mengikuti perkuliahan yang terdiri dari pendalaman materi, dan pengembangan perangkat pembelajaran maupun PPL, mahasiswa akan mengikuti  dua macam uji, yaitu uji kinerja berupa mengajar di kelas yang divediokan dan yang satunya adalah portofolio, semuanya itu diupload, jadi ujiannya dalam bentuk daring. Selanjutnya mahasiswa akan mengikuti  Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (UP UKMPPG).