Yudisium Pendidikan Profesi Guru UNY

1
min read
A- A+
read

Penyerahan sertifikat pendidik

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan yudisium Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara luring dan daring di Auditorium, Rabu (6/3). Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi (PPK) UNY Prof. Erwin Setyo Kriswanto mengatakan yudisium PPG diikuti 2171 orang dari lulusan UKMPPG Periode IV tahun 2023. “Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I Kategori Guru Penggerak tahun 2023 sebanyak 10 orang, PPG Prajabatan Gelombang 2 Kategori I tahun 2023 sebanyak 23 orang, PPG Dalam Jabatan Angkatan II bagi Guru Penggerak Tahun 2023 sebanyak 299 orang, PPG Dalam Jabatan Angkatan II Kategori I tahun 2023 sebanyak 1737 orang dan Retaker PPG Prajab dan Daljab sebanyak 125 orang” kata Erwin Setyo Kriswanto. Peserta yudisium yang diundang secara luring 700 orang dan secara daring 1471 orang. Sebaran peserta yudisium berasal dari 31 bidang studi pada 298 kabupaten/kota di 35 provinsi.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto berpesan pada alumni PPG yang saat S1 tidak menempuh kuliah di UNY agar mendaftar di Sekretariat Alumni yang ada di Gedung IKA UNY karena sudah menjadi almamater.  Peserta yang berasal dari 35 provinsi merefleksikan bahwa alumni UNY ada dimana-mana. Rektor juga menawarkan pada mahasiswa PPG untuk studi lanjut S2 atau S3 sebagai komitmen sebagai alumni UNY karena pendidikan merupakan investasi peradaban. “Sesuai dengan komitmen UNY menjadi lebih baik manakala cepat lulusnya, indeks prestasi tinggi, bekerja sesuai passion dengan gaji sesuai ijazahnya dan bermasa tunggu rendah” ungkapnya. Rektor juga mengajak untuk studi komparasi bagi siswa, guru atau alumni di sekolah masing-masing ke UNY yang sudah menjadi destinasi wisata akademik, bisa ke fakultas, departemen atau yang lainnya.

Salah satu peserta yudisium PPG Natalie Pamela merasa gembira dapat menyelesaikan PPG dan berharap dapat mengakses semua fasilitas bagi guru bersertifikat. Guru TK Budi Mulia Al Bayaan Terban tersebut juga berkeinginan agar sertifikat yang diperolehnya dapat untuk meningkatkan kemampuan diri dalam mengajar.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak