Monitoring Dan Evaluasi Praktik Kependidikan di SMAN 1 Sleman

1
min read
A- A+
read

Monitoring PK di SMAN 1 Sleman

Rektor UNY Prof. Sumaryanto melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan Praktik Kependidikan (PK) di SMAN 1 Sleman baru-baru ini didampingi Ketua LPPM Prof. Samsul Hadi, Kepala UL KKN PK Dr. Ngatman serta Pokja Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bidang Olahraga Dr. Cerika Rismayanthi. Rombongan disambut Kepala Sekolah Fadmiyati, M. Pd didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Guru Bimbingan Konseling.

Fadmiyati memaparkan bahwa mahasiswa UNY yang berjumlah 11 orang telah melakukan kegiatan PK di SMAN 1 Sleman mulai dari observasi hingga praktik mengajar. “Para mahasiswa dibimbing bapak ibu pamong mulai persiapan sampai penilaian” katanya. Sumaryanto mengatakan bahwa dalam kegiatan PK ini bisa diambil hal yang yang membuat senang. “Yang tidak baik jangan diambil, terapkan ATM yaitu amati, tiru, modifikasi sehingga membuat kemenangan” kata Rektor yang juga alumni sekolah tersebut pada tahun 1984. Menurutnya salah satu ciri SMA yang bagus adalah berapa banyak siswanya yang diterima di perguruan tinggi yang berkualitas, dan SMAN 1 Sleman dari tahun ke tahun makin banyak yang diterima. Rektor juga menawarkan pada kepala sekolah, para guru serta mahasiswa PK UNY untuk studi lanjut di UNY yang telah dibuka dua kali dalam satu tahun.  

Menurut Desti Rohmawati dari prodi pendidikan biologi, kegiatan PK yang dilakukan meliputi pembuatan, konsultasi dan revisi RPP, diteruskan dengan tindak lanjut, diskusi dan pelaksanaanya. “Pembuatan RPP sebagai persiapan dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas bersama peserta didik” kata Desti. Kemudian dikonsultasikan pada guru pamong masing-masing untuk meminta masukan terkait RPP dan juga apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum. Lalu dilakukan perbaikan atau revisi terhadap RPP yang telah dikonsultasikan kepada guru pamong masing-masing.

Tsurroya Aniqoh dari prodi pendidikan sosiologi Fakultas Ilmu Sosial menjelaskan bahwa selain kegiatan mengajar, di sekolah ini juga diberikan kegiatan praktik non mengajar seperti piket di lobby sekolah yaitu menerima dan mengarahkan tamu yang datang ke SMA N 1 Sleman, mengisi buku berita acara piket guru, memastikan guru mengisi buku laporan ketika akan meninggalkan sekolah dan saat sudah kembali ke sekolah, memberikan surat izin dan menandatangani jika siswa hendak izin keluar sekolah dan memasuki kelas jika terlambat, serta mendata siswa yang pulang mendahului jam pelajaran dan terlambat. “Kami juga piket harian di tata usaha. Tujuannya agar mahasiswa PK berlatih dalam kegiatan administrasi sekolah, diantaranya mencatat surat masuk, mencatat data prestasi siswa, serta melengkapi buku induk siswa” katanya. Selain itu juga ada observasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Perpustakaan.

Mahasiswa UNY yang melakukan kegiatan PK di sekolah ini ada 11 orang yaitu  Arbiansyah B.M dan Finta Rahmanisa A prodi pendidikan ekonomi, Yulia Maha Lita, Linda Verawati K dan Anna Suhanda Pendidikan ekonomi, Rosita Damayanti dan Rosita Damayanti pendidikan biologi, serta Tsuroyya Aniqoh dan Anisha Rena A. pendidikan sosiologi. Kepala UL KKN PK UNY Ngatman mengatakan bahwa UNY akan membantu mengidentifikasi kebutuhan UKS dan perpustakaan SMAN 1 Sleman sesuai arahan Rektor untuk diberi bantuan yang menurut rencana akan dihimpun dari berbagai pihak. Harapannya bantuan ini dapat memotivasi siswa sekolah tersebut untuk makin berprestasi.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

MBKM