Pembekalan Dan Pelepasan Mahasiswa KKN-PK UNY

1
min read
A- A+
read

Pembekalan mahasiswa KKN/PK

UNY melepas mahasiswa untuk mengikuti KKN dan/atau PK pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025 secara daring dan luring. Pelepasan dilakukan oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto di Ruang Sidang Utama Rektorat, Senin (15/7).

Rektor menyampaikan bahwa KKN-PK adalah satu kegiatan yang menandakan para mahasiswa akan mengakhiri studi level sarjana di UNY. “UNY menyelenggarakan tiga ranah sekaligus yang menandakan bahwa UNY adalah universitas berkualitas, yaitu pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan pendidikan profesi” kata Rektor. Diharapkan mahasiswa KKN dapat membawa nama baik diri dan almamater di tempat KKN-nya. Dalam kesempatan ini juga disampaikan paparan dari dua narasumber yaitu Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Gunungkidul Aris Pambudi, M.Si yang menyampaikan tentang pemberdayaan masyarakat melalui inovasi berkelanjutan, sedangkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori, M.Si memaparkan tentang implementasi kurikulum merdeka di sekolah.

Menurut Kepala Unit KKN, PK, PI dan Magang UNY Dr. Yudanto kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kegiatan KKN dan PK meliputi konsep, skema program kerja, jumlah waktu serta etika. “Juga untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan kolaborasi mahasiswa dalam satu kelompok” kata Yudanto. Jumlah peserta KKN dan PK pada periode semester gasal ini, untuk KKN prodi non kependidikan 1572 mahasiswa, KKN prodi kependidikan 3293 mahasiswa serta PK sebanyak 3677 mahasiswa. Pelaksanaan KKN dilaksanakan pada 18 Juli hingga 30 September 2024 untuk prodi non kependidikan dan PK prodi kependidikan. Sedangkan 14 Oktober hingga 21 Desember 2024 dilakukan KKN prodi kependidikan. Lokasi KKN digelar di DIY dan sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Purworejo, Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Klaten, Wonogiri dan Blora. Sedangkan untuk PK dilaksanakan pada sekolah, lembaga dan klub di DIY, Jawa Tengah dan PK Internasional di Malaysia, Thailand dan Jeddah.

Pembekalan teknis KKN dilakukan oleh Kepala Divisi KKN Eko Widodo, M.Pd, pembekalan teknis PK dipaparkan Kepala Divisi PK Dr. Setyawan Pujiono dan pembekalan sistem KKN disampaikan Staf Subdit Sistem Informasi dan Keamanan Siber UNY Efi Laila Latifah, M.Kom. Sedangkan pembekalan sistem PK disampaikan staf Subdit Keuangan dan Perbendaharaan Moh Aziz Purnomo, S.Kom.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat