PPs Pelatihan

Rasch Model dalam Assesment Pendidikan

Rasch Model dalam penilaian pendidikan menjadi pemodelan yang semakin hangat dibicarakan. Tidak hanya karena kebaruannya, juga karena kebermanfaataanya. Melihat situasi ini, Program Doktoral Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Rasch Model. Menghadirkan narasumber Bambang Sumintono, Ph.D., yang juga seorang pakar di bidang Rasch Model. Kepakarannya bahkan sudah diakui tidak hanya di Indonesia.

Workshop Protefl sebagai Sarana Lolos Protefl

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana bekerjasama dengan Unit Layanan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan workshop ProTefl 2022 untuk mahasiswa Pascasarjana. Kegiatan ini diikuti oleh 90 mahasiswa Pascasarjana jenjang Magister dan Doktoral yang dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Suhaini Muhammad Saleh, M. A.

Rebranding Strategi Pemasaran di Era Digital melalui Website

Pascasarjana UNY menggelar kegiatan Workshop Rebranding Strategi Pemasaran di Era Digital melalui Website yang diadakan oleh bagian Humas Pascasarjana. Dalam pembukaannya, Prof Dr. Anik Ghufron, M.Pd. mengatakan bahwa rebranding kampus Pascasarjana ini ditujukan untuk semakin memudahkan dan meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa dan calon mahasiswa.

PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS OS ANDROID PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL

Prodi S2 PEP PPs UNY mengadakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Instrumen Asesmen berbasis OS Android pada Pembelajaran Daring di Era New Normal bagi Guru-Guru SD di Kulonprogo. Kegiatan dibuka dengan penyampaian materi pertama tentang teori pembelajaran daring, dan dilanjutkan tentang teknik assesmen dengan penyampaian materi terakhir yaitu tentang teori singkat sistem OS berbasis android. Pelatihan ini menghadirkan 3 Narasumber yaitu Dr. Sudiyatno, Dr. Sri Andayani dan Dr. Syukrul Hamdi Pelatihan hari kedua, peserta PPM yang terdiri dari guru-guru mengikuti kegiatan secara daring.

DISKUSI AKADEMIK ASESMEN SEBAGAI JEMBATAN BELAJAR MENGAJAR

Prodi PEP S2 PPs UNY menggelar Diskusi Akademik yang menghadirkan Dr. Nor Hasnida Che Md Ghazali dari UPSI Malaysia. Acara yang dibuka oleh Koorprodi PEP S2, Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Pd. ini dilaksanakan via portal Zoom. Baik Indonesia dan Malaysia saat ini sudah beralih dari Asesmen Tradisional ke Asesmen Alternatif, karena banyaknya kelemahan di Asesmen Tradisional. Asesmen merupakan proses sentral dalam pendidikan. Kenapa harus dilakukan asesmen? Karena pada kenyataannya banyak siswa yang tidak mengerti apa yang guru mereka ajarkan.

WORKSHOP RPS SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MAHASISWA

Dalam rangka memandu mahasiswa untuk belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan CPL lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar, Prodi S3 Dikdas PPs UNY menyelenggarakan Workshop RPS (Rencana Pembelajaran Semester). RPS atau dalam istilah lain merupakan dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang telah ditetapkan, sehingga harus dapat dijalankan oleh mahasiswa pada setiap tahapan belajar pada mata kuliah terkait, buka Dr. Haryanto, M.Pd selaku Koorprodi Dikdas.

MENGHASILKAN DOKTOR KREATIF MELALUI PROGRAM PMDSU

Pascasarjana PPs UNY menyelenggarakan Workshop Program Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Program yang dilaksanakan sejak tahun 2013 oleh Kemenristekdikti ini merupakan salah satu terobosan untuk percepatan laju pendidikan doktor dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2.

PENGABDIAN MELALUI OPTIMALISASI PERAN ORANGTUA KPM PKH DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DI ERA NEW NORMAL

Prodi Pendidikan Luar Sekolah PPsUNY bekerjasama dengan Kecamatan Pandak menyelenggarakan Sosialisasi kepada 30 warga Pandak dengan tema “Model Pendampingan Belajar Anak KPM melalui Optimalisasi Peran Orangtua di Era New Normal”. 30 peserta Sosialisasi adalah warga Kecamatan pandak yang mendapat bantuan Program Keluarga Harapan yang memiliki komponen anak sekolah mulai dari jenjang anak usia dini, sekolah dasar hingga anak berkebutuhan khusus.