PPs Pelatihan

Membentuk Roadmap Penyelesaian Studi Melalui Writing Camp

Salah satu yang menentukan keberhasilan studi di Program Magister adalah penyelesaian thesis. Berdasarkan hasil pemantauan, mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 banyak mengalami kendala, terutama pertemuan dengan dosen menjadi canggung dan belum memiliki pandangan yang sama tentang arah penelitian. Masalah lain yang dihadapi adalah publikasi sebagai syarat lulus/mengambil ijazah.

83 Guru dari Indonesia dan Malaysia Mengikuti Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian

Pascasarjana UNY melalui Prodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baru saja menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kerjasama (PkM) Internasional dengan Universitas Putra Malaysia (UPM). Pelatihan dilaksanakan secara virtual atau dalam jaringan (Daring) selama dua hari, Rabu-Kamis (9-10/11/2022). Peserta sebanyak 76 Guru SD dari Indonesia, dan tujuh Guru SD dari Malaysia.

Pemetaan Potensi Desa Wisata dan Industri Kreatif di Kalurahan Hargotirto Kulon Progo

Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 6-7 Agustus 2022 melakukan pemetaan potensi desa atau kelurahan wisata dalam pengembangan ekonomi kreatif di lokasi dusun Segajih Kalurahan Hargotir

Penulisan Soal Berfikir Kritis Tingkat Tinggi

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang diselenggarakan oleh Program Magister Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) berada di 2 sekolah, yaitu SDN Tukharjo dan SDN Purwoharjo. Kegiatan PPM kali ini berupa pelatihan tentang “Penulisan Soal Berfikir Kritis Tingkat Tinggi, Sikap, dan Pengetahuan berbasis ICT dengan Quiziz” yang dilaksanakan pada Selasa s.d. Rabu, 2 s.d. 3 Agustus 2022.

Rasch Model dalam Assesment Pendidikan

Rasch Model dalam penilaian pendidikan menjadi pemodelan yang semakin hangat dibicarakan. Tidak hanya karena kebaruannya, juga karena kebermanfaataanya. Melihat situasi ini, Program Doktoral Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Rasch Model. Menghadirkan narasumber Bambang Sumintono, Ph.D., yang juga seorang pakar di bidang Rasch Model. Kepakarannya bahkan sudah diakui tidak hanya di Indonesia.