Membentuk Roadmap Penyelesaian Studi Melalui Writing Camp

1
min read
A- A+
read

Writing camp

Salah satu yang menentukan keberhasilan studi di Program Magister adalah penyelesaian thesis. Berdasarkan hasil pemantauan, mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 banyak mengalami kendala, terutama pertemuan dengan dosen menjadi canggung dan belum memiliki pandangan yang sama tentang arah penelitian. Masalah lain yang dihadapi adalah publikasi sebagai syarat lulus/mengambil ijazah. Kondisi penyelesaian tugas akhir ini perlu dipantau, agar mahasiswa yang bersangkutan segera memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Terkait dengan hal tersebut, diperlukan kegiatan monitoring tugas akhir dan publikasi mahasiswa, kemudian ditindaklanjuti dengan pertemuan dosen pembimbing dengan mahasiswa dalam writing camp.

Dalam acara yang diadakan oleh Prodi S2 PEP Sekolah Pascasarjana UNY, para mahasiswa diminta untuk membuat roadmap dan target penyelesaian studinya, khususnya dalam penyelesaian tesis. Kemudian roadmap tersebut yang diadikan acuan untuk selalu mengontrol diri agar tidak terlalu lama dalam kuliah. Selain itu, roadmap tersebut ada yang diserahkan kepada pembimbing atau koordinator prodi agar bisa digunakan untuk memantau kemajuan belajar mahasiswa yang bersangkutan.

Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. selaku koorprodi S2 PEP Sekolah Pascasarjana UNY memberikan beberapa tips agar tesis segera selesai. Salah satunya yakni kalau sudah mulai mengerjakan disertasi jangan “nyambi” bekerja atau menerima pekerjaan, karena nanti disertasinya tidak kunjung selesai. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran terkait dengan proses bimbingan tugas akhir. Kemudian masukan dan saran dari mahasiswa tersebut ditindaklanjuti oleh koordinator prodi atau dosen pembimbing.

Penulis : Anton

Editor : Dedy

IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif