WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD

Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta kembali menyelenggarakan Workshop Daring Model Pembelajaran. Untuk saat ini workshop daring yang ke dua belas, dengan tema “Produktivitas Guru di Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal untuk Guru PAUD”. Workshop masih dilakukan secara daring maupun luring dipusatkan di studi LPMPP UNY. Workshop ini diikuti 225 guru dari 2296 peserta workshop, dari serangkaian workshop yang diselenggarakan sejak 17 Juni 2020.

Sebagai moderator dalam workshop ini, Rabu (2/9) Dr. Sunarya Sunarta menyampaikan, “Peserta workshop ini juga dapat mengikuti tutorial Glacier (Global Access Independence Learning) model-model pembelajaran melalui https://glacier.uny.ac.id Bagi peserta workshop yang terdaftar dapat mengikuti: presentasi narasumber, dan berdiskusi (realtime) melalui teleconference. Sedangkan bagi peserta yang tidak terdaftar dapat mengikuti sesi workshop paparan narasumber melalui youtube UNY Official. Rangkaian tentang pelaksanaan workshop ini dapat diakses ulang di laman YouTube

Sunarya mengatakan tujuan diadakan workshop ini tidak lain adalah satu, untuk meningkatkan profesional guru dari jenjang pendidikan PAUD sampai SMA/SMK khususnya peningkatan kompetensi pedagogik dalam menerapkan model-model pembelajaran pada masa Pandemi new normal.”  Sedangkan tujuan yang kedua, Sunarya menambah, “meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital tentang model pembelajaran daring yang mudah diakses pada para guru. Ketiga, adalah, “Meningkatkan keunggulan dan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran dimasa pandemi dan new normal, “ imbuh Sunarya.

Pada workshop hari ini, sebagai narasumber tunggal yaitu Ika Budi Maryatun, M.Pd., dosen PGPAUD FIP UNY dengan tema Model Pembelajaran Daring PAUD di Masa Pandemi.  Ika menyampaikan bahwa belajar di PAUD itu, “boleh belajar dimanapun dengan alat apapun”. Pilihan Cara Pembelajaran Jarak Jauh, menurut Ika, dapat dilakukan dengan satu Pembelajaran Daring Guru melakukan aktivitas belajar melalui beragam media belajar daring untuk pendampingan belajar. Pilihan aktivitasnya dapat berupa umpan balik pengerjaan tugas, refleksi proses dan hasil belajar, dan diskusi kelompok. Kedua, Guru kunjung, yaitu Guru berkunjung ke rumah murid untuk pendampingan belajar, sedangkan pilihan aktivitas umpan balik pengerjaan tugas, refleksi proses dan hasil belajar, dan diskusi kelompok.

Lebih lanjut, Ika menjelaskan tentang prinsip pembelajaran di era kenormalan baru, yaitu orientasi pada anak guru memastikan kepentingan anak dalam hal ini kesehatan fisik dan psikososial murid sebagai prioritas utama (yang pertama), kedua adaptif guru melakukan modifikasi target dan cara pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi darurat yang belum pasti kapan berakhirnya. Ketiga, terpadu guru memadukan pertemuan tatap muka (PTM) dengan pertemuan jarak jauh (PJJ), utamakan PTM untuk melakukan kegiatan belajar yang esensial yaitu diskusi, refleksi dan praktik. Utamakan PJJ untuk menyapaikan materi belajar, Prioritas pelajaran diajarkan melalui PTM untuk sekolah dasar dan sekolah menengah kebahasaan, matematika, dan sains. Keempat, pelibatan, Guru melibatkan orang tua sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan baik sebagai penyampai materi, pendamping, penyemangat maupun pemberi umpan balik. Kelima, Umpan balik, guru memastikan mendapatkan informasi dari asesmen awal maupun asesmen formatif sebagai umpan balik untuk melakukan penyesuaian tujuan dan cara pembelajaran.

Bagaimana melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19? Ika menjelaskan, “Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dan fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring,”. Fasilitasi pembelajaran jarak jauh daring dapat berupa video conference, teleconference, dan atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi  pesan, dan fasilitasi sistem penngelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi. (Sud).