Asesmen Lapangan Prodi Pendidikan IPS S1

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Program Studi Pendidikan IPS S1 Fakultas Ilmu Sosial UNY divisitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) pada Senin-Selasa (7-8/11) secara luring. Lamdik merupakan lembaga yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melakukan akreditasi program studi.  Lamdik mengutus Dr Siti Nurbayani dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr.rer.nat. Nurhadi dari Universitas Negeri Sebelas Maret untuk melakukan visitasi lapangan ini.

Kedua asesor disambut oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan jajarannya yang berharap agar kegiatan akreditasi ini berjalan baik dan lancar. Asesor Siti Nurbayani menyampaikan bahwa kedatangan tim Lamdik adalah untuk mendampingi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya Pendidikan IPS. “Kami akan mendampingi, mengkonfirmasi, dan memperjelas apa yang telah dikirimkan pada Lamdik” katanya. Sedangkan Nurhadi mengatakan sebagai evaluator akan mendiskusikan upaya perbaikan sehingga program studi membawa manfaat yang positif. Harapannya hubungan yang telah terjalin selama ini dapat terus terjalin erat. “Sehingga kerjasama, personal, akademik maupun kelembagaan antara UPI, UNY dan UNS bisa berjalan baik” kata Nurhadi.

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai adaptasi atau penyesuaian dari ilmu-ilmu sosial yang dikemas dalam kegiatan ilmiah dan pedagogis untuk dunia pendidikan. Pendidikan IPS juga menjadi pemenuhan kebutuhan dasar sebagai manusia dalam masyarakat, sehingga mampu merespon fenomena-fenomena sosial. Pendidikan IPS UNY merupakan Pendidikan IPS terpadu dimana tidak mempunyai konsentrasi ke salah satu ilmu sosial, akan tetapi mempelajari secara komprehensif, memaknai suatu topik dari multidisiplin ilmu sosial. Ada beberapa poin nih yang bisa menjadi bekal kamu untuk melanjutkan kuliah di Pendidikan IPS UNY.

Di prodi Pendidikan IPS, kurikulum IPS dikemas secara integrasi sehingga memungkinkan melihat sebuah fenomena baik topik maupun  kejadian aktual dari berbagai perspektif ilmu sosial. Dari sisi akademik, hal ini akan menarik untuk dibahas di kalangan mahasiswa. Selain itu, ada berbagai softskill yang dikemas dalam mata kuliah, contohnya entrepreneurship, pengaturan kurikulum, cara mengajar, penguasaan teknologi komunikasi, hal ini yang menjadi dinamika tersendiri untuk mewarnai kegiatan pembelajaran agar tidak monoton. Berbagai hal ini yang menjadikan output mahasiswa kaya kompetensi dan menjadi daya tarik tersendiri kuliah di prodi Pendidikan IPS.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus