Mahasiswa KKN UNY Cawan Berkawan 2022 Adakan Sosialisasi Pemanfaatan UMKM bagi Warga Desa Cawan

1
min read
A- A+
read

Penyuluhan oleh Wella Lutfi

UMKM merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian di Indonesia dimana perkembangan UMKM saat ini terus meningkat di setiap tahunnya, salah satunya adalah di desa Cawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan yang ada di Desa Cawan yaitu terkait dengan pengentasan kemiskinan, KKN UNY Cawan Berkawan 2022 membuat program kerja dengan tema "Penguatan kapasitas masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan" dimana melalui program kerja tersebut dapat memberikan dorongan dan gambaran masyarakat yang ada di Desa Cawan untuk memulai usaha dan juga mengembangkan UMKM masyarakat Desa Cawan agar lebih berkembang lagi kedepannya sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Penyuluhan UMKM bagi warga desa Cawan yang diinisiasi oleh Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022 ini dihadiri oleh sekitar 80 orang dengan mayoritas pemilik UMKM yang ada di Desa Cawan dan juga warga usia produktif yang ada di Desa Cawan, belum lama ini. Target masyarakat untuk program kerja penyuluhan UMKM berdasarkan dari data yang diperoleh agar tujuan dari program kerja dapat tersampaikan dengan tepat dan juga maksimal. Penyuluhan UMKM yang diselenggarakan oleh Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022 menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman terkait dengan UMKM baik dari segi operasional hingga pemasarannya yaitu Willa Luthfi atau yang lebih dikenal dengan Willa Ecobrick. Masyarakat yang datang juga sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh Narasumber dimana dalam sesi tanya jawab terdapat masyarakat yang sangat ingin tahu mengenai pemasaran UMKM yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di Desa Cawan.

Tidak hanya melalui penyuluhan UMKM kepada masyarakat yang ada di Desa Cawan saja, namun Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022 juga membagikan brosur serta booklet informatif yang berisi tentang bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur dan penjelasan mengenai UMKM serta pemasarannya yang cukup rinci sehingga masyarakat dapat mengikuti arahan sesuai dengan petunjuk yang ada di booklet maupun brosur yang ada. Aditya Wardana selaku ketua tim dan perwakilan dari KKN UNY Cawan Berkawan 2022 berharap dengan adanya penyuluhan UMKM yang diadakan oleh Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022, dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada di Desa Cawan yaitu pengentasan kemiskinan serta dapat membantu masyarakat Desa Cawan untuk memulai usaha serta mengembangkan UMKM atau usaha yang sudah dirintis agar dapat membantu menambah penghasilan serta menaikkan perekonomian masyarakat di Desa Cawan. (Tim KKN Cawan 2022)