UNY Laksanakan MoU dengan STKIP Pasundan

1
min read
A- A+
read

Bidang Kerja sama Dalam Negeri (KDN) UNY yang berada dibawah Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama (WR PK) pada hari ini Jumat (12/8) menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan. Tujuan kunjungan kali ini yaitu dalam rangka studi banding dan pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU). Rombongan yang berjumlah 8 orang ini dipimpin oleh Dedi Supriadi selaku Ketua dari STKIP Pasundan.

Turut hadir menerima tamu kunjungan kali ini yaitu Profesor Sumaryanto (Rektor UNY) beserta Para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), serta staff dari bidang Kerja Sama UNY.

Setelah melakukan penandatanganan MoU, Rektor UNY dalam sambutanya menekankan bahwa saat ini UNY sedang fokus untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya dengan cara mewajibkan para dosen untuk studi lanjut S3 dan bagi yang sudah bergelar doktor untuk segera mengusulkan ke Guru Besar. Sumaryanto menambahkan selain dosen, UNY juga mewajibkan para Tenaga Kependidikan (Tendik) untuk studi lanjut. Dalam kesempatan kali ini Rektor UNY juga mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama ini STKIP Pasundan kedepanya bisa lebih banyak menyekolahkan para dosenya di UNY dan pihaknya siap memfasilitasi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY (WR PK ) UNY juga mengatakan jika nantinya STKIP Pasundan ingin membuka prodi baru, UNY siap menyediakan para lulusan terbaiknya untuk mengajar disana.
Ketua STKIP Pasundan, Dedi Supriadi mengatakan bahwa dirinya sangat mengagumi UNY yang mengutamakan pembangunan SDM dan berharap kelak STKIP Pasundan dapat melakukan hal yang sama, yaitu menciptakan SDM unggul. Ia menambahkan, STKIP Pasundan juga giat memberi semangat para dosenya untuk studi lanjut.
“Beberapa Dosen STKIP Pasundan Kedepanya juga akan melaksanakan studi lanjut ke jenjang S3 yaitu 12 orang dari jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan 9 orang dari Pendidikan Bahasa Inggris,” tambah Dedi.

Walau masih tergolong “muda” namun STKIP Pasundan sudah menelurkan banyak mahasiswa berprestasi. Dedi menjelaskan Pada PON tahun 20221 lalu STKIP Pasundan mngirimkan 65 mahasiswanya dan 56 diantaranya berhasil meraih emas, juga Pada Sea Games 2021 di Vietnam , STKIP Pasundan mengirimkan 17 mahasiswanya untuk bertanding.

Dekan FIK UNY, Profesor Wawan Sundawan turut menyambut baik adanya niat dari STKIP pasundan mendorong para dosenya untuk studi lanjut. Dirinya bahkan menjanjikan nantinya akan membuka kelas khusus untuk para dosen STKIP Pasundan yang akan studi lanjut di FIK UNY.
“Untuk memudahkan perkuliahan akan dilaksanakan secara daring dan bisa juga melalui kunjungan dosen (Visiting profesor), “ tambah Profesor Wawan.

STKIP Pasundan sendiri hingga saat ini memiliki 3 Prodi S1 yaitu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN). Untuk jenjang S2 terdapat prodi  Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) dan Pendidikan Jasmani. (Khairani Faizah)