Tanaman Aloe Vera Bukan Hanya Untuk Kulit, Mahasiswa UNY Mengenalkan Manfaat Tanaman Aloe Vera Untuk Kesehatan

1
min read
A- A+
read

Stand aloe vera

Tanaman aloe vera terkenal sebagai tanaman yang berguna bagi kesehatan kulit dan rambut. Ternyata, bisa disulap menjadi makanan yang nikmat namun juga memiliki banyak khasiat.

Tim UKMF Penelitian Fakultas Vokasi UNY yang sedang melakukan pengabdian di Desa Domban, Tempel, Sleman bekerja sama dengan KWT Ngundi Rahayu Domban membuat tanaman aloe vera menjadi minuman manisan dan cendol aloe vera yang nikmat. Tim UKMF Penelitian Fakultas Vokasi UNY terdiri dari sepuluh orang yaitu Nurwirajaya, Muhammad Asad Alif Quds Ra’uf, Riski Setyawan, Arif Adika Angga Pratama, Gannisa Hanun Pratiwi, Pandu Wibowo, Jihan Nida Zhafira, Dimas Cesar Agusto, Muhammad Fatkhul Fauzi dan Isnaini Nur Azizah.

Tim UKMF Penelitian FV UNY juga ikut mengenalkan produk aloe vera ke masyarakat luas dengan mengikuti pameran pada acara Global Partnership Fair di Auditorium UNY. Pameran tersebut dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi dari berbagai daerah, pemerintah, organisasi nirlaba, industri, media massa, sekolah dan individu yang memiliki minat serupa.  Menurut Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha Prof. Margana tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong terbangunnya jejaring kemitraan yang kuat antara UNY dan pihak-pihak lain untuk mewujudkan kolaborasi yang konkret. “Selain itu, kegiatan ini juga dirancang untuk mempromosikan produk-produk penemuan penelitian, inovasi, dan berbagai layanan yang dapat ditawarkan UNY kepada mitra-mitra sebagai bentuk implementasi kerja sama” papar Margana.

Ketua Tim UKMF Penelitian FV UNY, Nurwirajaya mengatakan “Dengan mengikuti kegiatan Global Partnership Fair, kami bisa mengenalkan kepada masyarakat luas mengenai olahan aloe vera yang nikmat tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan” katanya belum lama ini.

Aloe vera yang memiliki kandungan berupa vitamin A dalam bentuk beta-kroten, vitamin C, vitamin E. Vitamin B12, asam folat, kolin, kalium, kromium, magnesium, kalium dan natrium. Manfaat dari kandungan pada aloe vera yaiitu dapat mengurangi masalah pencernaan, kandunfan anti-inflamasi dan analgesik yang dapat mencegah peradangan usus, sebagai detoksifikasi tubuh alami, membantu mengurangi masalah metabolisme tubuh, mengontrol kadar gula darah, memperbaiki masalah sembelit, meredakan sakit gigi dan mengatasi radang gusi, mengatasi jerawat serta menyehatkan kulit.

Penulis: Hanun Pratiwi

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus