Karang Taruna DIY Gandeng UNY Selenggarakan Pekan Inovasi Sosial

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Karang Taruna Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berkolaborasi dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan Pekan Inovasi Sosial 1 Festival Karang Taruna pada hari Senin, 18 September 2023 di Ballroom Gedung Ikatan Alumni UNY. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.Kes., AIFO yang  menyampaikan bahwa UNY selalu siap untuk mendukung program ini. “Kerjasama karang taruna dan UNY ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah di DIY dan di Indonesia” katanya. Selain itu disampaikan juga mengenai UNY mbangun ndeso yang merupakan bagian dari regulasi aturan Rektor UNY dengan tujuan UNY untuk Indonesia dan UNY untuk dunia.

Ketua Karang Taruna Provinsi DIY, GKR Hayu dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas partisipasinya dalam acara ini. “Terima kasih kepada UNY yang telah mendukung acara ini. Bagaimana caranya Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam reformasi kelurahan karena yang usia muda berada di karang taruna” kata GKR Hayu. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara Karang Taruna DIY dan UNY dan juga sebagai momen untuk mempertemukan innovator dan kolaborator potensial baik yang berasal dari unsur pemerintah, industri, komunitas dan lain sebagainya.

Proses seleksi lomba inovasi sudah dimulai dari tanggal 21 Agustus 2023 hingga 15 September 2023 dari 106 pendaftar dan pada tahap pertama terpilih menjadi 50 peserta terbaik yang berasal dari 4 kabupaten dan 1 kotamadya di Provinsi DIY.  Semua peserta memiliki inovasi dalam berbagai bidang seperti Usaha Ekonomi Produktif, Pendidikan, Teknologi, Kebudayaan, Lingkungan Pariwisata dan Sosial Masyarakat.

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan materi dari dua narasumber yaitu Masduki Rahmat, S.IP., selaku Pengurus Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Kelembagaan Karang Taruna DIY sekaligus Lurah Guwosari yang akan menyampaikan tentang Inovasi Kelembagaan Karang Taruna di DIY dan Nova Suparmanto, S.Pd., M.Sc., selaku Dosen UNY / Owner CV Astoetik Indonesia / Main Director PT. Putra Multi Cipta Teknikindo yang akan menyampaikan tentang Social Innovation and Social Impact Program. Setelah materi panel dan diskusi, selanjutnya acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion dan Penilaian dari tim juri dan fasilitator. Setelah selesai seleksi di tahap kedua, peserta akan dipilih sebanyak 20 peserta yang berhak mengikuti seleksi di tahap ketiga.  

Penulis: Dika

Editor: Dedy

 

 

IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat