Asesmen Lapangan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

1
min read
A- A+
read

Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menjalani asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Acara pembukaan berlangsung secara daring melalui media Zoom Meeting pada Kamis (22/12), dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Korprodi S1 PGSD, serta Tim task force dari program studi S1 PGSD FIP.

Disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. dua asesor dari Lamdik, yakni Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. dari Universitas Negeri Jakarta dan Dr. Widya Karmila Sari Achmad, M.Pd. dari Universitas Negeri Makassar. "Terimakasih kami ucapkan kepada para asesor, semoga acara asesmen ini dapat berjalan dengan lancar, mohon arahan dan bimbingan agar Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY sebagai salah satu Prodi yang telah menghasilkan guru profesional akan menjadi semakin lebih baik lagi kedepannya." imbuh Prof. Margana.

Dr. Arita Marini mengungkapkan tahapan proses asesmen lapangan, "Asesmen Lapangan akan berlangsung selama 2 hari, sehingga kami mohon kerja sama dari tim task force, terkait penyiapan dan penayangan video profil, verifikasi dokumen, wawancara baik dosen, tendik, dan mahasiswa, serta praktik mengajar secara live". Sedangkan Dr. Widya berharap asesmen lapangan dapat berjalan dengan lancar dan baik, serta dapat berkontribusi yang baik kepada pendidikan dalam hal pengembangan prodi S1 PGSD kedepannya.

Program Studi S1 PGSD sendiri merupakan salah satu program studi dari fakultas tertua di UNY, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan. Bervisikan menjadi program studi yang menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan sekolah dasar berbasis keberagaman dan literasi yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025, Prodi S1 PGSD memiliki tujuan memperluas jejaring kerjasama baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional untuk memperkuat kontribusi program studi dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dasar.

Penulis: Prasetyo
Editor: Yuyun

IKU