Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-79 di Universitas Negeri Yogyakarta

Upacara HUT RI

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-79 di halaman Rektorat, Sabtu (17/8). Rektor UNY, Prof. Sumaryanto sebagai pembina upacara mendampingi pelaksanaan upacara yang diikuti oleh seluruh civitas UNY termasuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan dharma wanita dengan mengenakan seragam Gagrak Mataraman khas Yogyakarta.

Setelah sang saka merah putih dikibarkan, amanat upacara disampaikan oleh Prof. Sumaryanto yang diisi dengan penyampaian sambutan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makariem. Dalam sambutan tersebut dikatakan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah buah dari gerakan menuju satu cita-cita bersama. Begitu pun dengan cita-cita untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan, harus kita perjuangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong. Dalam lima tahun terakhir ini, kita semua telah berjuang dalam gerakan Merdeka Belajar. Saya katakan ini sebuah perjuangan, karena memang jalan yang kita tempuh tidaklah mudah. Kita melakukan perubahan besar dalam banyak hal, mulai dari sistem, cara kerja, sampai pola pikir. Berbagai tantangan dan kesulitan kita hadapi bersama, dan buah manis dari perjuangan itu juga kita rasakan bersama sekarang.

Para pelajar kini mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan potensinya dengan Kurikulum Merdeka yang mulai tahun ini diimplementasikan sebagai kurikulum nasional. Jutaan lulusan perguruan tinggi telah mendapat peluang pekerjaan yang lebih baik karena pengalamannya mengikuti program Kampus Merdeka. Komitmen untuk terus berdiri di sisi para guru juga telah terwujud dengan diangkatnya ratusan ribu guru honorer menjadi ASN PPPK. Begitu juga dengan Pendidikan Guru Penggerak yang berfokus pada peningkatan kepemimpinan guru kini telah melahirkan ratusan ribu pendidik, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang berani menciptakan perubahan bermakna.

Gerakan Merdeka Belajar barulah titik awal, masih jauh dari kata sempurna, kita belum sampai di garis finis, dan perjalanan ke depan tentunya masih akan ada banyak tantangan Layaknya pesan Bung Karno agar kita terus mengisi Kemerdekaan Indonesia, mari kita terus melanjutkan perjuangan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Untuk itu, mari terus kuatkan tekad dan langkah perjuangan kita untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan. Kemudian, upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hari Kemerdekaan oleh Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana. Terakhir, upacara ditutup dengan doa dan barisan dibubarkan.

Penulis
Bela Juliana dan Intan Assafitri
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat