UNY Berpartisipasi Dalam Satas Education Fair

1
min read
A- A+
read

Dua mahasiswa UNY melayani siswa

Universitas Negeri Yogyakarta turut serta berpartisipasi aktif dalam Satas Education Fair yang dilaksanakan di SMAN 1 Tasikmalaya Kamis-Jumat (22-23/12). Ketua Pelaksana Satas Education Fair Wawan SN, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memfasilitasi siswa untuk studi lanjut sekaligus ajang menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi sehingga dapat membawa siswa menempuh masa depan yang lebih baik. “Harapannya siswa dapat diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta” kata Wawan. Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Tasikmalaya Aam Abdullah, MM mencari ilmu itu wajib dan bentuk lain dari tholabul ilmi ini adalah mengundang perguruan tinggi untuk menampilkan segala kelebihannya sehingga menjadi pilihan pada calon mahasiswa. “Mana yang cocok dengan kita, pilihan ada di tangan kalian” kata Aam Abdullah. Harapannya kerjasama ini tidak sebatas sampai disini namun terus berkelanjutan.

Dalam pameran pendidikan ini UNY menerjunkan dua mahasiswa yaitu Sefia Akmalia Putri prodi Fisika FMIPA dan Raina Haseta Dewi prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dibantu staf Kantor Kerjasama dan Humas Rektorat. Kedua mahasiswa tersebut menjelaskan hal ikhwal UNY mulai dari jumlah program studi yang ditawarkan hingga peluang kerja serta beasiswa yang disediakan. “UNY menyediakan 61 prodi sarjana dan 14 prodi sarjana terapan” kata Sefia. Dari 61 prodi sarjana tersebut terbagi atas prodi kependidikan dan non kependidikan. Raina Haseta Dewi menambahkan bahwa untuk jalur masuk yang bisa ditempuh adalah melalui SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. Kegiatan Satas Education Fair yang berlangsung selama dua hari ini terbagi untuk para siswa pada hari pertama sedangkan hari kedua diisi paparan dan presentasi kampus pada orang tua siswa sehingga orang tua siswa tidak kebingungan dalam memilih kampus yang tepat untuk kelanjutan studi putra putrinya. 

Koordinator BK SMAN 1 Tasikmalaya Wanti Yulianti, M.Pd memaparkan bahwa kegiatan ini awal mulanya adalah untuk memeberi kesempatan bagi siswa kelas XII untuk dapat mencari informasi studi lanjut sesuai dengan pilihan mereka. “Juga supaya agar perguruan tinggi kenal dengan sekolah kami dan mengetahui potensi yang dimilikinya, dengan harapan dapat dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru” kata Wanti. Menurutnya kegiatan Satas Education Fair telah dilaksanakan sepuluh kali namun sempat terhenti saat pandemi. Salah satu siswa, Sofia Echa mengaku berminat melanjutkan ke UNY dengan mengambil prodi manajemen. Ketika ditanya kenapa, siswa kelas XII IPA tersebut mengaku senang dengan pelajarannya dan ingin mengetahui lebih dalam tentang ilmu manajemen.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional