UNY Siap Bantu Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan naskah kerjasama

Salah satu proses peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan akreditasi sekolah yang merupakan proses penilaian kelayakan sekolah. Akreditasi sekolah akan memberikan gambaran kinerja dan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan yang diwujudkan dalam predikat atau status sekolah yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Akreditasi sekolah merupakan penilaian hasil dan bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu sekolah yang memenuhi standar. Demikian dikatakan dosen UNY Dr. Fitri Rahmawati dalam workshop akreditasi sekolah di Kabupaten Bungo, Kabupaten Jambi. Menurutnya hasil akreditasi sekolah/madrasah diwujudkan dalam bentuk peringkat kelayakan yang merupakan salah satu wujud akuntabilitas kepada publik.Dengan akreditasi yang kredibel, hasilnya dapat memotivasi sekolah untuk memperbaiki diri sehingga hasil akreditasi yang akan datang peringkat yang dicapai akan lebih baik” katanya. Peran akreditasi juga terletak pada langkah tindak lanjut yang diambil berbagai stakeholder secara berkelanjutan. Oleh karena itu rekomendasi tindak lanjut menjadi bagian penting. Dosen Fakultas Teknik UNY tersebut memaparkan prinsip akreditasi harus objektif, komprehensif, transparan, akuntabel dan adil yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang bertugas untuk merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan serta melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah. BAN akan melaporkan hasil yang didapatkannya pada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota, Kanwil Departemen Agama dan Kandepag Kab/Kota, LPMP dan Dewan Pendidikan Provinsi. Juga akan dilaporkan hasilnya pada sekolah/madrasah, BAN-S/M,    Pemda Provinsi melalui Disdik Provinsi dan Kanwil Depag,dan Pemda Kab/Kota melalui Disdik Kab/Kota dan Kandepag Kab/Kota.

Workshop ini merupakan kerjasama UNY dengan Dinas Pendidikan Kab. Bungo yang mengambil topik bahasan akreditasi sekolah (KB, TK, SD, SMP) swasta sebagai upaya peningkatan mutu satuan pendidikan. Pokja Perencanaan Bidang PK Indah Mustikawati, M.Si, Ak. mengatakan bahwa kegiatan merupakan pembuka jalan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bungo, Masril, S Sos., M.E. menyampaikan kegembiraannya atas kunjungan tim UNY dalam rangka menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Bungo. “Kehadiran bapak ibu dari Universitas Negeri Yogyakarta di tengah-tengah kita adalah kehormatan bagi kami karena sangat penting untuk satuan lembaga baik PAUD, SD, SMP Swasta untuk meningkatkan mutu akreditasi sekolah dengan jumlah lembaga PAUD  91 lembaga swasta, SD 14 sekolah swasta, SMP 8 Sekolah swasta” katanya, Sabtu (12/11). Masril berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di MoU dan Workshop saja, tetapi akan terus berlanjut untuk membantu kualitas pendidikan di Kab. Bungo. Diikuti oleh 203 peserta kepala sekolah atau perwakilan sekolah KB, TK, SD, SMP swasta se-Kabupaten Bungo yang antusias dalam memperhatikan materi dari narasumber.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara UNY dan kabupaten Bungo yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bungo dan Pokja Perencanaan Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY. Tim UNY yang terdiri dari Indah Mustikawati, M.Si, Ak. Dr. Ponty Sya’banto Putra Hutama, Dr. Fitri Rahmawati dan Ardi Ardiyanto, M.Pd juga dijamu dan berdiskusi dengan Kadis Dukcapil dan Kepala Bappeda untuk menggali potensi yang mungkin dikembangkan di Kab. Bungo. 

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus