UNY Raih 11 Prestasi Sekaligus dalam Anugerah Diktiristek 2022

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih sejumlah penghargaan Anugerah Diktiristek pada Malam Anugerah Diktiristek Kemdikbudristek 2022 yang diselenggarakan Ditjen Diktiristek di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta pada Kamis, 15 Desember 2022.

Dalam Anugerah Humas (AHD) Diktiristek 2022, UNY meraih Gold Winner untuk kategori Media Sosial, Laman, dan Unit Layanan Terpadu, sedangkan untuk kategori majalah meraih Silver Winner . Sedangkan untuk Anugerah Kerjasama (AKD) Diktiristek, UNY meraih Gold Winner dalam kategori Pengelolaan Kerjasama dengan Industri, Pengelolaan Laporan Kerjasama, dan Pengelolaan Kerjasama Internasional, serta untuk Pertumbuhan IKU 6 meraih Bronze Winner. Sedangkan untuk Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Diktiristek, UNY meraih predikat Terbaik I untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri dengan Tema Pelaporan Tracer Study, Terbaik I Perguruan Tinggi dengan Tema Pelaporan Program Studi yang sudah terekognisi Internasional, dan meraih Perguruan Tinggi Terbaik II pada Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo Tahun 2022.
Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. yang didampingi Kepala Biro Akademik Kemahaiswaan dan Kerjasama Wisnu Sunarto, SIP, MM., Pokja Humas Kerjasama dan Komersialisasi Prof. Dr. Anwar Efendi, M.Si., dan Pokja Kerjasama Luar Negeri Dr.Eng. Ir. Faqih Ma'arif M.Eng.,IPM. dan tim teknis pendamping.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan bahwa anugerah ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja sama yang terbangun bersama selama ini. Tema Dikti dalam tiga tahun terakhir ini yaitu “Gotong Royong”. “Kita bersama-sama bergandengan tangan untuk mentransformasikan pendidikan tinggi menuju pada pendidikan tinggi masa depan, yang menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, adaptif, kreatif dan inovatif, tentu berakhlak mulia untuk masa depan anak-anak kita yang gemilang,” ucapnya.

Prof. Edi Purwanto, mengatakan bahwa ini adalah capaian yang luar biasa dan sebuah kehormatan bagi UNY bisa meraih sejumlah penghargaan dalam kompetisi yang dihelat Diktiristek tersebut. Menurutnya, ini menjadi wujud kinerja UNY selama ini dalam melakukan transformasi perguruan tinggi, maksimalisasi implementasi tridarma perguruan tinggi termasuk penguatan MBKM.  Kinerja yang dilakukan UNY selama ini dapat dilihat dari berbagai upaya yang dilakukan melalui peningkatan tata kelola kelembagaan, internasionalisasi program studi, hingga peningkatan kualitas dan kuantitas kerja sama termasuk dengan dunia usaha dan industri.  “Tantangan kita ke depan tentu semakin kompleks, mengingat UNY sudah menjadi PTN BH sehingga kompetisinya pun akan bertarung dengan sesama PTNBH, dengan demikian harus ada upaya yang lebih kuat sehingga UNY dapat mempertahankan prestasi tersebut.

Sebagai informasi, bahwa perhelatan Malam Anugerah Humas Diktiristek 2022 menghelat beberapa anugerah di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Selain AHD, juga ada Anugerah Kerja Sama Diktiristek (AKD), Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sumber Daya, Kelembagaan, Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Jurnalis dan Media.

Pemberian anugerah ini merupakan apresiasi Ditjen Diktiristek kepada pemangku kepentingan dari perguruan tinggi, LLDIKTI, jurnalis, media, dan mitra (kementerian, lembaga, serta dunia usaha dan dunia industri), yang telah meraih pencapaian tertinggi dan berkontribusi dalam mendukung program dan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Penulis: Ardi
Editor: Yuyun

MBKM
MATCHING FUND
IKU