UNY Peringati Hari Olahraga Nasional

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 di Kampus Vokasi UNY Semanu Gunung Kidul, Sabtu (9/9). Kegiatan diikuti oleh seluruh civitas akademika UNY termasuk dari Kampus Vokasi UNY Wates. Peringatan Hari Olahraga Nasional kali ini dilakukan dengan jalan sehat mengelilingi kampus dan berakhir di GOR.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gunung Kidul Ir. Edi Praptomo mewakili Bupati mengatakan bahwa semangat untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat tetap relevan pada saat ini dan harus diteruskan karena menjadi bagian penting dalam pembentukan karakter bangsa. “Bupati Gunung Kidul sangat peduli terhadap olahraga dengan selalu memberikan contoh. Bahkan untuk pegawai tertentu di Satpol PP, Perhubungan, Penanggulangan Bencana setiap bulan harus lari jam 13.00” kata Edi Praptono. Bupati sendiri juga berlari dari kediaman di Nglipar ke Wonosari minimal seminggu sekali. UNY sebagai perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Keolahragaan tentunya dapat memberi sumbangan pikiran demi kemajuan olahraga di Kabupaten Gunung Kidul.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan tahun ini puncak acara Hari Olahraga Nasional dilaksanakan di Gunung Kidul bersama masyarakat, mitra dan civitas akademika dalam rangka mengapresiasi warga Gunung Kidul. Rektor juga berharap agar mahasiswa kampus vokasi selalu menjalin keakraban dengan tetangga sekitar kampus. Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilakukan peresmian sejumlah fasilitas yang ada di Kampus Vokasi Semanu Gunung Kidul yang dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati, Ketua MWA, Ketua SAU dan Rektor. Total anggarann yang telah dikucurkan untuk membangun semua fasilitas tersebut lebih dari 50 milyar Rupiah termasuk pembangunan GOR.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yatu M. Naufal Yudha Fariz S yang meraih juara 2 Indonesia Open Aquatic Championship, Juara III Pomnas ke-17 di Sumatra Barat dengan meraih 3 emas 1 perunggu dan best swimmer kejurnas antar sekolah dan perguruan tinggi. Kemudian Gifti Virgio Reagusta juara II Kejurnas Atletik U18 dan U20 Senior, Juara II Jatim Open 2023, Juara III Pomnas ke-17 di Sumatra Barat dan Tri Karyani Juara Juara II Pomnas ke-17 di Sumatra Barat, Juara I Invitation of Netgame Competition antar perguruan tinggi se-Indonesia dan Juara II Pesta Olahraga UNJ antar perguruan tinggi se_Indonesia. Para juara ini menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan prestasi sebesar Rp. 1.500.000,-

Menurut Dekan Fakultas Vokasi UNY Prof. Komarudin, Kampus Vokasi UNY terletak di Pacarejo Semanu Gunungkidul dan memiliki 6 program studi yaitu Tata Boga, Tata Busana, Teknik Elektronika, Akuntansi, Manajemen Pemasaran dan Administrasi Perkantoran. “Secara keseluruhan Fakultas Vokasi UNY memiliki 14 program studi D4, baik di Kampus Gunungkidul maupun Kampus Wates” ungkap Komarudin. Semua program tersebut dapat ditempuh melalui jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri.

Selain jalan sehat dalam kesempatan ini juga diadakan invitasi tenis lapangan antar instansi di Gunungkidul yang diikuti oleh 8 tim yaitu MGMP SMP Gunungkidul, Pengadilan Agama, Dispora Gunungkidul, Kodim 0730, Pelti Gunungkidul, Polres Gunungkidul, Tim UNY A dan Tim UNY B. Selain itu para mahasiswa Kampus Vokasi UNY Semanu juga menampilkan display pameran prodi tata boga, tata busana, akuntansi, teknik elektronika dan pemasaran. Mahasiswa tata boga bahkan menyajikan coffee shop yang barista mahasiswa tata boga sendiri.

Kegiatan jalan sehat juga memperebutkan 242 doorprize dari sejumlah mitra kerja UNY. Pemenang hadiah utama yaitu Smart TV 55 inci adalah Lingga Kharisma Putra dari bagian rumahtangga Rektorat UNY. Hadiah utama diserahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya Prof. Edi Purwanta.

Penulis: Dedy
Editor: Sudaryono

MBKM