UNY Menerima Mahasiswa Darmasiswa Dari 7 Negara

1
min read
A- A+
read

Mahasiswa Darmasiswa

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyambut kedatangan sembilan mahasiswa Darmasiswa dari 7 negara pada tahun 2023 belum lama ini. Program Darmasiswa yang sempat tertutup selama masa pandemi kembali dengan semangat baru untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk belajar di Indonesia.

Program Darmasiswa adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar Budaya dan Bahasa Indonesia. UNY, sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, secara aktif berpartisipasi dalam program ini untuk mempromosikan keragaman budaya Indonesia.

Para mahasiswa Darmasiswa yang diterima oleh UNY tersebut adalah Anna Lopatowska(Poland), Joshua Hodges (Australia), Jyoti Swaroop Sharma (India), Li You (China), Napat Sroidokson (Thailand), Ryo Ogata (Japan), Shuji Makino (Japan), Sooraya Samae (Thailand) dan Veronika Valentinova Dermendzhieva (Bulgaria).

Kedatangan mahasiswa Darmasiswa dari berbagai belahan dunia ini menjadi cerminan komitmen UNY dalam mendukung hubungan diplomatik Indonesia. Melalui program ini, UNY berperan aktif dalam mempromosikan pemahaman lintas budaya dan mempersiapkan generasi masa depan yang siap berkontribusi dalam mencapai tujuan-tujuan berkelanjutan.

Selama 10 bulan di UNY, para mahasiswa Darmasiswa akan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti kelas Bahasa Indonesia dan pertukaran budaya dengan mahasiswa lokal. Kedatangan mereka memperkuat komitmen UNY dalam mendukung dan memperkuat kerja sama lintas budaya antara negara-negara mitra dalam program Darmasiswa. Dalam era yang semakin terglobalisasi, UNY menjalankan perannya sebagai jembatan untuk memperluas pemahaman lintas budaya dan memupuk persahabatan internasional.

Penulis: Putriana D

Editor: Dedy

MBKM