UNY Raih Peringkat QS World University Ranking

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta meraih peringkat #251-300 pada QS World University Ranking (WUR) by Subject Education and Training sekaligus mendapatkan peringkat #1 nasional. Sedangkan untuk QS Asia University Ranking (AUR) UNY berada pada posisi #451-500. Ini merupakan peningkatan dari tahun lalu dimana QS WUR by Subject Education and Training ada di peringkat #251-300  dunia dan peringkat #2 nasional.

Ketua Tim Pemeringkatan UNY Prof. Soni Nopembri merasa gembira dengan capaian ini. Menurut Soni Nopembri yang juga menjabat Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan tersebut, upaya yang dilakukan tim pemeringkatan yaitu mengidentifikasi tantangan terbesar yang ditemukan pada Academic Reputation (AR) dan Employer Reputation (ER). “Untuk AR kita menggali informasi dari masing-masing fakultas dalam mengidentifikasi penelitian yang melibatkan mitra asing dan outputnya” kata Soni Nopembri. Sedangkan untuk ER, UNY mengoptimalkan peran pusat tracer dan karir UNY dan Ikatan Alumni UNY (IKAUNY) terkait dengan tracer study.

QS World University Rankings by Subject 2024 menampilkan 55 subjek individual yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, antara lain Arts & Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences & Medicine, serta Natural Sciences. Jumlah institusi yang mendaftar pemeringkatan pada tahun ini sebanyak 1.559 dengan 64 universitas yang baru bergabung. Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia berdasarkan bidang ilmu ini ditentukan berdasarkan penilaian atas empat indikator, yaitu reputasi akademik yang didapat melalui hasil survei global yang dilakukan kepada kalangan akademisi dan pengguna lulusan. Jumlah sitasi penelitian yang dicapai universitas per artikel dalam subjek tersebut dimana semua data sitasi bersumber dari Elsevier Scopus, ‘H-index’ yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan serta International Research Network yang mencerminkan kemampuan lembaga untuk mendiversifikasi geografi jaringan penelitian internasional mereka dengan membangun kemitraan penelitian yang berkelanjutan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pada indikator reputasi akademik UNY meraih poin 56,8 sedangkan sitasi penelitian meraih skor 85. Penelitian akademisi meraih angka 43,8 dan H-index mendapat nilai 81,1.

Penulis: Dedy

Editor: Dr. Nur Azizah

MBKM
IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat