SIKAP KARAKTER YANG SOLID, TANGGUNGJAWAB, DISIPLIN DIBANGUN MELALUI PROGRAM KKN-PK

2
min read
A- A+
read

SIKAP KARAKTER YANG SOLID, TANGGUNGJAWAB, DISIPLIN DIBANGUN MELALUI PROGRAM KKN-PK

Dalam rangka menggali informasi keterlaksanaan kegiatan KKN-PK di sekolah, lembaga, klub, dan desa/kelurahan, juga  untuk mengetahui p proses pembimbingan yang telah dilakukan oleh DPL PK, Guru Pamong, Guru Pembimbing, DPL KKN, Pembimbing Pamong secara luring atau daring, demikian dikatakan Ngatman, M.Pd. selaku Kepala UL KKN-PK UNY menjawab pertanyaan tentang kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KKN-PK mahasiswa UNY secara daring, yang dilaksanakan Senin (13/9) ini. Di samping itu Ngatman juga menyebutkan bahwa tujuan lainnya adalah untuk menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan KKN-PK mahasiswa UNY di sekolah, Lembaga, klub, dan desa/kelurahan, maka hari ini Senin, (13/9) dilaksanakan.

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan KKN-PK, diikuti oleh 39 peserta dilakukan secara luring, dan semua mahasiswa UNY peserta KKN-PK Tahun 2021 secara daring, dengan jumlah     4615 mahasiswa peserta KKN, dan 3560 mahasiswa peserta PK. Follow up diselenggarakan kegiatan ini adalah agar kegiatan KKN-PK dapat berjalan efektif dan efisien.

“Follow up kegiatan ini adalah untuk mendapatkan efektifitas pelaksanaan kegiatan KKN-PK mahasiswa UNY tahun berikutnya, dan dapat t memotret problem-problem pelaksanaan KKN-PK mahasiswa UNY di sekolah, lembaga, klub, dan desa/kelurahan sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan KKN-PK,” kata Ngatman.

Hadir dan berkenan memberikan sambutan dan penguatan Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu pertama pihak UNY sangat mengapresiasi kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN-PK yang saat ini sedang memberdayakan masyarakat sekolah maupun masyarakat umum,dengan melaksanakan KKN-PK berbasis domisili. Hal ini didasari keselamatan semua pihak sebagai pertimbangan utama di tengah-tengah Pandemi Covid-19 dilaksanakannya KKN-PK berbasis domisili ini.

“Tentunya dalam pelaksanaan KKN-PK, tentunya menemui berbagai kendala, oleh karenanya kegiatan monitoring dan evaluasi yang diinisiasi dillaksanakan pada saat ini akan dapat memberikan masukan kepada pimpinan untuk pengambilan keputusan dimasa-masa yang akan datang,”jelas Margana.

Selanjutnya, Wakil Rektor berharap agar POB yang sudah dibuat dalam pelaksanaan KKN-PK dapat dilaksanakan secara betul oleh mahasiswa, sehingga para mahasiswa dapat melaksanakan tugas kewajiban dengan sebaik-baiknya.

Margana menambahkan, “Pelaksanaan KKN-PK yang berbasis domisili akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi seluruh mahasiswa untuk mengenal ekosistem yang sesungguhnya baik yang terjadi di masyarakat maupun klub, maupun masyarakat sekolah. Sehingga insyaallah dengan melaksanakan KKN-PK akan menumbuhkembangkan sikap harga menghargai, dan rasa tanggungjawab, serta rasa kedisiplinan diantara para mahasiswa untuk bersama-sama membangun bangsa dan negara ini melalui berbagai program.”

Wakil Rektor berpesan, “Tolong amanah yang diberikan untuk melaksanakan KKN-PK ini, betul-betul dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena ini adalah amanah yang luar biasa yang akan menumbukkembangkan untuk menjadi lulusan yang mampu beradaptasi diberbagai situasi dan kondisi apapun, yang insyaallah ini akan menjadikan pengalaman di masa mendatang. Karena bila mengacu pada isensi pendidikan itu tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga memperoleh keterampilan, serta yang tidak kalah pentingnya adalah membangun sikap karakter yang solid, tanggungjawab, disiplin, yang ketiganya ini akan membentuk Saudara menjadi lulusan yang luar biasa, sebagaimana disampaikan di dalam visi, misi UNY, yaitu unggul, kreatif, inovati, takwa, mandiri, cendekia.”

Bagi mahasiswa peserta KKN-PK yang mengikuti kampus mengajar, Margana mengatakan,”Untuk membukakan hatinya, untuk melaksanakan menyelesaikan KKN-PK nanti akan kita ekuivalenkan dengan yang lain nanti akan kita masukkan dalam transkrip Saudara, karena ini sudah berada di tengah-tengah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh seluruh pihak-pihak. Ini sedang kita kaji lebih  lanjut apa yang bisa kita ekuivalensikan terkait dengan kampus mengajar.”

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY menyampaikan arahan dan sambutannya terkait bidangnya masing-masing. (Sud).