UNY Jalin Kemitraan Dengan Media

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan nota kesepahaman

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Bicang Kemitraan I yang digelar di Hotel UNY, Selasa (15/8) dengan mengundang perwakilan media cetak, radio, elektronik dan televisi se-DIY.

Mewakili Rektor, kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha (RKSIU) UNY Prof. Margana. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha UNY untuk menjalin kemitraan dengan media seiring perubahan UNY dari PTN BLU menjadi PTN BH. “Dengan pergantian ini akan terjadi perubahan luar biasa baik dari sisi akademik maupun non akademik, khususnya bidang corporate culture” kata Margana.

Wakil Rektor RKSIU UNY menyatakan ada enam hal yang perlu dilakukan saat ini yaitu kolaborasi antara pemerintah daerah/pemerintah pusat, perguruan tinggi, masyarakat umum, dunia usaha, masyarakat sekolah dan media. “Dalam hal ini kami mengundang rekan media untuk berkolaborasi dalam berbagai hal, misalnya praktisi masuk kampus yang merupakan bagian dari MBKM” tuturnya. Margana juga mempersilakan media untuk melakukan liputan dan publikasi beberapa kegiatan riset dan lain sebagainya di UNY.

Margana juga mengiformasikan bagi staf media yang berkeinginan untuk studi lanjut, UNY memiliki program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) dimana masa kerja dapat dikonversikan sehingga untuk program S1 hanya tinggal menempuh 50% SKS saja seperti yang telah dilakukan di Bojonegoro atas inisiatif Kementerian Desa PDTT. “Kami juga lakukan RPL ini di Papua karena banyak guru yang belum S1” ungkap Margana.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris tersebut juga mempersilakan para pimpinan fakultas untuk mengirimkan mahasiswa magang ke berbagai media yang telah menjalin kemitraan dengan UNY, sehingga mahasiswa memiliki bekal untuk menghadapi environmentnya sesuai dengan keahlian masing-masing. Seiring dengan maraknya Internet of Things dan Internet of People maka UNY juga membekali mahasiswa dengan kemampuan digital dengan lima paradigma pendidikan.

Diinformasikan juga bahwa saat ini UNY memiliki tiga jenis pendidikan yaitu akademik dengan 62 prodi S1, 38 prodi S2 dan 19 prodi S3, pendidikan vokasi dengan 14 prodi dan pendidikan profesi yaitu profesi insinyur dan profesi guru. Kampus Fakultas Vokasi UNY ada di Wates Kulonprogo dan Gunungkidul.

Dalam acara ini dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Wakil Rektor RKSIU dengan berbagai media diantaranya Kedaulatan Rakyat, Koran Bernas, Beritajogja.com, Jogja TV dan Radio PTDI Kotaperak. Kegiatan diakhiri dengan takshow dan diskusi yang dipandu Guru Besar Fakultas Bahasa Seni dan Budaya UNY Prof. Anwar Effendi dengan narasumber Octo Lampito, M.Pd.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia