UNY Berkomitmen dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia

1
min read
A- A+
read

Asesmen lapangan ADP FE UNY

Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan di Universitas Negeri Yogyakarta pada program studi (prodi) Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi. Asesmen lapangan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26/3). BAN-PT mengutus Prof. Dr. Naili Farida, M.Si. dari Universitas Diponegoro dan Dra. Maya Setiawardani, M. Pd. dari Poliliteknik Negeri Bandung sebagai wakil asesor. Kedua wakil asesor tersebut diamanahi untuk mengonfirmasi dan mengoreksi berbagai data dari prodi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. Pada sambutan yang diberikan, Margana menyampaikan bahwa tahun 2019 UNY membuka program studi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran sesuai aturan dari Ditjen Diksi. “Kami mohon bimbingan dari para asesor untuk memberi arahan dan bimbingan kepada Asisten Asesor (Asos) Administrasi Perkantoran dalam rangka melayani kepada para mahasiswa dan juga stakeholder,” tambahnya.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa pendidikan ini harus kita ratakan ke seluruh provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, kami kedepankan input yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia melalui berbagai kebijakan di antaranya Afirmasi, khususnya dari provinsi di daerah 3T. Selain itu, sinergi antara universitas dengan fakultas terus terjalin, terutama dalam pengembangan sumberdaya manusia, baik bagi para dosen, maupun mahasiswa di berbagai program tanpa diskriminasi, termasuk Sarjana Terapan,” lanjut Margana.

Naili Farida menyampaikan bahwa dirinya selaku Asesor bertugas untuk mengklarifikasi data laporan yang telah diberikan oleh Fakultas Ekonomi. Menurutnya, UNY merupakan salah satu universitas yang memiliki semangat tinggi dalam pembuatan laporan borang karena hal tersebut adalah pekerjaan yang membutuhkan cukup banyak waktu. “Meskipun prodi ini belum meluluskan mahasiswa, tetapi luar biasa sudah mampu menyiapkan borang akreditasi,” ujar Naili.

Sementara Dra. Maya Setiawardani, M.Pd. menyampaikan, “Di sini selain melakukan klarifikasi kami juga akan memberikan perubahan data atau tambahan, maka dari itu kami mohon kerjasamanya untuk dua hari kedepan demi kelancaran kegiatan ini sehingga memberi hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi kita semua,” tambahnya.

Asesmen lapangan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.Kes., AIFO., Dekan FE UNY Dr. Siswanto, M.Pd., dan perwakilan dosen beserta seluruh jajaran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi, Dr. Rosidah, M.Si, didampingi Ketua Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Siti Umi Khayatun M., M.Pd. dan Ketua Tim Taskforce Rr. Chusnu Syarifa D.K., M.Si. Selain itu, turut hadir pula perwakilan mahasiswa dan sejumlah mitra yang bekerjasama dengan prodi. (humasFE)