Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat serta Penyerahan Keputusan Rektor di Awal Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Mengawali hari kerja di tahun baru 2023, Senin pagi (2/1/23) bertempat di Auditorium, Rektor melantik dan mengambil sumpah pejabat, serta menyerahkan Keputusan Rektor kepada Dosen dan Tendik di Lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini merupakan penerapan Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Yogyakarta, dimana sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022, UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Dalam kegiatan ini, ada sebanyak 51 pejabat yang dilantik dan diambil sumpah oleh Rektor, terdiri dari 4 Wakil Rektor, 8 Dekan Fakultas, 1 Direktur SPs, 24 Wakil Dekan Fakultas, 2 Wakil Direktur SPs, 6 Direktur Direktorat, dan 6 Sekretaris Direktorat. Selain pelantikan dan pengambilan sumpah, juga dilanjutkan dengan penyerahan Keputusan Rektor kepada 121 Koordinator Program Studi, 107 Dosen dan Tendik, serta 14 SK Mutasi.

Rektor UNY, Prof. Sumaryanto dalam sambutannya menekankan terkait transisi UNY menjadi PTNBH yang ke 17, dimana tahun 2022 merupakan tahun terakhir dalam ajang PTN BLU dan ditutup dengan perolehan berbagai prestasi yang diraih. Hal ini merupakan manifestasi dari kesiapan UNY dalam jenjang selanjutnya yakni ajang PTNBH mengikuti jejak 16 perguruan tinggi negeri lain yang sudah mendahului. "Mulai hari ini, sudah tidak ada sebutan Wakil Rektor 1, 2, 3, 4, kita mulai menyebutnya sesuai dengan nama yang baru sesuai OTK, begitupun dengan Wakil Dekan, dan telah resminya Fakultas Vokasi yang berada di Kampus Vokasi Wates dan Gunungkidul, dengan struktur yang sudah dilantik baru saja. Terima kasih atas kerja keras bapak ibu dan semua pihak, sehingga tahun 2022 kita tutup dengan berbagai torehan prestasi yang sangat membanggakan, Liga IKU peringkat kedua, 13 medali penghargaan dari Anugerah Diktiristek, SNI Award, dan Anugerah KIP." imbuhnya.

Acara Pelantikan dan Pengambilan sumpah didampingi oleh Rohaniawan H. Halili, S.Ag., M.Si. dari Kementerian Agama Kantor Wilayah DIY, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan dan pakta integritas secara simbolis diwakili oleh Wakil Rektor, dan penyerahan Keputusan Rektor secara simbolis kepada 11 perwakilan dosen dan tendik, serta diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Rohaniawan.

Penulis: Prasetyo
Editor: Poni Pujiati

IKU