Tim Busana FT UNY Raih Juara 2 Costume Design di Yala Thailand

1
min read
A- A+
read

Tim Busana FT juara di Thailand

Delegasi dari Jurusan Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) berhasil meraih Juara 2 dan harapan 1 Kategori Desain Kostum dan Juara Harapan 2 untuk Desain Tekstil pada Yala Textile Design Competition and Costume Design Competition dalam Program the Melayu Textile Conservation di Yala Municipality, Thailand (5-6/08/2022). Rombongan tim yang berangkat adalah Gista Al Rahma, Farradila Wulandari, Lilian Nourmalita, dan Euodia Caesaria didampingi dosen pembimbing Afif Ghurub Bestari, M.Pd., dan Kusminarko Warno, M.Pd.,

Afif menceritakan bahwa agenda ini terdiri dari beberapa kegiatan yakni Seminar bersama wali kota Yala, direktur Bangkok FA (Fashion Academy) dan consulat Malaysia. Pada seminar ini Afif dan Kusminarko didapuk menjadu salah satu narasumber. “Kami berbicara mengenai tentang kain lurik dan batik dalam rangka "Branding and adding value to Melayu Fashion to be International", terang Afif.

“Hari kedua adalah Costume design dan Textile Design. Disini kami meraih Juara 2 Costume Design Competition, Juara Harapan 1 Textile Design Competition serta Juara Harapan 2 Costume Design Competition,” ceritanya.

Agenda di Yala dilanjutkan dengan Fashion Show, disini kami meragakan 6 outfit dengan tema Wastra Khatulistiwa"

“Dihari terakhir kami turut mengikuti Pameran busana Batik Indonesia dan sebagian produk yang kita bawa dibeli oleh masyarakat di sana,” ujarnya.

Acara ini melibatkan KJRI di Songkhla, Konsulat Malaysia, Konsulat Thailand, Walikota Yala Thailand, Bangkok Fashion Academy, Budayawan dan fashion designer Singapore dan Brunei Darussalam,

“Tahun depan, pihak KJRI sangat mengharapkan Jurusan Pendidikan Tata Busana FT UNY, dapat kembali turut serta dalam "Melayu Day", sebuah event tahunan dengan scope-nya  lebih pada bulan Februari 2023,” tutup Afif. (hryo)

 

IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus