"Smart Farm" UNY, Pelopor Pertanian Modern

1
min read
A- A+
read

Smart farm UNY

Sejumlah Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang beranggotakan Prof. Ir. Moh. Khairudin M.T.,Ph.D., Muhammad Luthfi Hakim, M.Eng. dan Dr. Asri Widowati, M.Pd., berkolaborasi dengan Eko Prasetyo, Ph.D dari Sekolah Vokasi UGM berhasil mengembangkan pertanian pintar (smart farm) di Kabupaten Boyolali. Smart Farm tersebut dikembangkan oleh Dosen UNY dan UGM dengan melibatkan sejumlah Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta. 

Smart Farm terdiri dari 6 modul alat teknologi yang sudah terintegrasi dengan Internet of Things, 6 modul tersebut dapat mendeteksi kesuburan tanah, memberikan informasi kandungan tanah, mengukur kecepatan angin, mengatur aliran air yang masuk ke area persawahan, hingga dapat menentukan dosis pupuk yang dapat memperhitungkan berapa jumlah pupuk yang harus diberikan ke tanaman. Uniknya dari 6 modul tersebut terdapat salah satu modul berupa audio stimulan yang diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan hasil panen. 

Khairudin, selaku ketua penelitian menjelaskan, Smart Farm ini dibangun untuk mempelopori pertanian pintar di Indonesia. Modul alat teknologi tersebut telah dibangun dan diterapkan pada persawahan yang berada di Kabupaten Boyolali. “Smart Farm ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap petani di Indonesia khususnya di Kabupaten Boyolali. Para petani mengeluhkan susahnya mengusir hama serta sulitnya menghitung dosis pupuk serta mengatur pengairan, sehingga saya beserta tim mengembangkan modul teknologi ini” katanya.

Modul teknologi dari UNY ini sangat membantu petani di Kabupaten Boyolali untuk memantau sawahnya dari jarak jauh dan pekerjaan menjadi lebih efisien “Kami berterima kasih kepada Prof. Khair beserta tim dari UNY yang telah mengembangkan Smart Farm di tempat kami.” Kata Hendro, Ketua Aliansi Petani Padi Organik Boyolali-APPOLI.

Besar harapan Khairudin beserta tim dengan pembangunan Smart Farm tersebut dapat memberikan dampak yang besar bagi para petani khususnya dalam hal efisiensi pekerjaan. Adanya Smart Farm ini juga diharapkan mampu menjadi pelopor pertanian pintar di Indonesia, selain itu dengan dikembangkannya Smart Farm juga membuktikan bahwa UNY sangat berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengembangan teknologi.

Penulis : Haryo

Editor : Dedy

 

IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat