Pemkab Pacitan Tanda Tangani MoU Dengan UNY Untuk Peningkatan SDM

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada hari Kamis (1/9) menerima rombongan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan yang dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan, yaitu Indrata Nur Bayuaji yang didampingi oleh Rudy Haryanto selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra serta beberapa pejabat terkait lainya. Kehadiran Bupati beserta para pimpinan Kabupaten Pacitan ini adalah untuk melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UNY.

Hadir dari pihak UNY selaku Tuan Rumah, Rektor UNY yaitu Profesor Sumaryanto didampingi Para Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua Senat dan Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) beserta Staf dari Bidang Perencanaan dan Kerja sama. Profesor Sumaryanto dalam sambutanya mengatakan bahwa UNY siap menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan serta memenuhi apa yang nantinya dibutuhkan oleh Pacitan utamanya terkait bidang pendidikan serta pembangunan sumber daya manusia. Pada kesempatan ini Sumaryanto juga menambahkan bahwa UNY sangat konsisten dalam hal pembangunan sumber daya terutama bagi seluruh civitas akademika. Hal ini terbukti  dengan dirinya yang mewajibkan seluruh dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) untuk melanjutakan sekolahnya, baik itu tingkat S1, S2 bahkan S3. 

Indrata Nur Bayuaji menyambut baik adanya kerja sama ini dan berharap kerja sama ini dapat membawa kebaikan dan menguntungkan kedua belah pihak, dalam hal ini UNY dan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Ia pun juga mengatakan bahwa pihaknya cukup “tahu diri” dalam arti menyadari bahwa masih butuh bimbingan dari berbagai pihak demi kebaikan kota Pacitan, yang merupakan salah satu Kota Peradaban di Tanah Air. 
Kerja sama dengan Pacitan ini  menambah deretan panjang prestasi bagi  Bidang Kerja sama Dalam Negeri (KDN)  UNY yang berada dibawah Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama, setelah sebelumnya berhasil melaksanakan MoU dengan berbagai pihak baik itu  swasta,industri serta berbagai instansi pemerintah yang ada di penjuru Nusantara.

Adapun Kerja sama yang nantinya akan dilaksanakan kedua belah pihak meliputu bidang Pendidikan, penelitian,  pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya. (Khairani Faizah)