Mudahkan Siswa Belajar Pancasila Dengan Monesa

1
min read
A- A+
read

Mela mengajarkan Monesa pada siswa

Mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY Meyla Dewi Azizah menggagas permainan monopoli yang berisi materi-materi mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang dinamai Monesa (Monopoli Negaraku Indonesia). Menurutnya pembuatan Monesa sebagai upaya untuk menarik perhatian siswa agar mereka termotivasi karena media pembelajaran yang menyenangkan sehingga mereka mendapatkan pengetahuan sekaligus kesenangan.  “Inovasi adanya monopoli ditujukan untuk mengasah kerjasama antar siswa. Melalui media monopoli ini diharapkan siswa mendapatkan haknya untuk belajar sambil bermain dengan suasana yang menyenangkan sehingga pelajaran tidak lagi menjadi beban siswa” kata Mela, panggilan akrabnya Kamis (22/2).

Penelitian dan pengembangan Monesa dilakukan di SD Negeri Kadireso Pajangan Bantul terhadap siswa kelas empat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Ide membuat Monesa didapat saat Mela melakukan observasi di SD Negeri Kadiresa Bantul, yang belum menemui media pembelajaran yang beragam. Saya melihat anak-anak sedang berolahraga dengan bermain catur secara bergiliran. Dari situlah saya menemukan ide untuk membuat media pembelajaran yang berbasis permainan” ujar alumni SMAN 3 Bantul tersebut. Mela berpikir untuk membuat permainan monopoli dengan menggunakan meja catur. Kemudian setelah mencari referensi di internet akhirnya terciptalah media berbasis permainan yang berisikan kartu-kartu, pion, bintang dan papan Monesa. Media ini juga dapat diintegrasikan ke beberapa mata pelajaran.

Gadis kelahiran 21 Mei 2001 itu memaparkan, Monesa terdiri dari papan permainan dengan lebar 50cm x 50cm yang di dalamnya termuat 36 petak yang terdiri dari 24 petak rumah adat, 4 petak kartu belajar, 4 petak kartu langkah, 1 petak garis start, 1 petak taman bernyanyi, 1 petak taman menari, 1 petak bebas parkir. Kartu langkah merupakan langkah peserta untuk menjalankan pionnya. Kartu belajar merupakan kartu yang berisi pertanyaan untuk pemain yang pionnya menetap di petak kartu belajar, ia harus mengambil kartu belajar dan menjawab pertanyaan” tegas Mela. Kartu tantangan, berisikan pertanyaan yang harus dijawab untuk mendapatkan kartu hak milik dan skor. Kartu hak milik, berisikan jawaban dari kartu tantangan dan sebagai tanda jika petak tersebut sudah dimiliki. Pion merupakan benda kecil berbentuk orang-orangan yang menunjukan posisi pemain, dan bergerak sesuai angka dadu yang didapat oleh pemain. Bintang penghargaan adalah simbol skor yang diperoleh siswa. Kotak penghargaan merupakan balok yang bagian penutupnya diberi stiker. Juga terdapat tas penyimpanan monesa dan buku panduan berisi panduan-panduan bermain monesa.

Menurut warga Kadireso, Triwidadi, Pajangan, Bantul tersebut penelitian ini mendapatkan hasil yang memuaskan. Hasil penelitian kepada guru menyatakan bahwasanya media ini sangat praktis, bermanfaat untuk siswa, menarik perhatian siswa dan sesuai dengan karakteristik siswa. Sedangkan hasil dari siswa menunjukan bahwa permainan ini sangat baik dan layak, serta dapat melibatkan seluruh siswa secara bergantian dan memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk aktif berkomunikasi, interaksi, dan berkolaborasi dalam pembelajaran. Mela berharap kepada seluruh calon guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didiknya. Kita sebagai seorang calon guru harus bisa memenuhi kebutuhan setiap peserta didik, seperti halnya peserta didik yang suka bermain kita dapat menciptakan pembelajaran yang berbasis permainan menggunakan media ajar, peserta didik yang suka membaca bisa diberikan sumber bacaan, peserta didik yang suka dengan menonton bisa diputarkan video” tutupnya.

Penulis: Ayu Puspita N, Ahmad  Najiullah S

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus