Kunjungan Universitas Cokroaminoto Palopo Ke UNY

1
min read
A- A+
read

MoU dengan Universitas Cokroaminoto Palopo

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menandatangani nota kesepahaman dengan UNY terkait tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan pada Rabu (17/5) di Rektorat UNY. Rombongan dari UNCP terdiri dari Rektor Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Badan Pengurus Harian Yayasan Cokroaminoto Palopo, dosen pengelola PPG, staf humas dan dosen UNCP yang sedang menimba ilmu di UNY. Dari UNY hadir Ketua Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan dan sejumlah pejabat.

Rektor UNCP Rahman Hairuddin mengatakan kedatangan tim adalah untuk menjalin kerjasama dengan UNY. “UNCP baru saja diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan PPG, yang awalnya merupakan konsorsium dengan Universitas Negeri Gorontalo tahun 2022, pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia” kata Rahman Hairuddin. Rektor UNCP tersebuit mengaku belum begitu memahami dalam mengelola PPG baik dari sisi administrasi, pengelolaan dan penyelenggaraannya. Oleh karena itu kedatangan tim UNCP ke UNY salah satunya ingin mempelajari hal tersebut. Harapannya dengan kunjungan ini dapat saling berkolaborasi dalam tridharma perguruan tinggi, terutama penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Kebijakan program yang dilakukan juga atas dedikasi dan masukan dari Badan Pengurus Harian UNCP.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo mewakili Rektor UNY menyambut baik kunjungan ini. “Suatu kehormatan bagi UNY dalam kolaborasi dengan UNCP dengan harapan dapat meningkatkan kinerja, produktivitas dan juga rezeki kita” kata Siswantoyo. UNCP yang sedang moncer dalam usianya ke-18 diharapkan cepat tumbuh berkembang melebihi perguruan tinggi yang lain karena tim yang dibawa Rektor UNCP masih muda dan dapat mengakselerasi pertumbuhan UNCP. Mengenai PPG, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mempersilakan ngangsu kawruh langsung pada Direktur DPPK yang hadir dibersamai oleh Sekretaris DPPK dan Kepala Unit PPG. UNY juga menawarkan program studi diluar kampus utama (PSDKU) di Palopo apabila ada dosen atau guru di sekitar Palopo yang ingin studi lanjut S2 dan S3. Bahkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan juga mewacanakan program Matching Fund yang diinisiasi DRPM UNY agar bisa dilakukan di Palopo dan sekitarnya.

Universitas Cokroaminoto Palopo adalah salah satu perguruan tinggi di Palopo yang memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Sains dan Fakultas Teknik Komputer dengan 13 prodi S1 dan satu prodi S2. UNCP merupakan gabungan dua sekolah tinggi yaitu STKIP yang berdiri tahun 1976 dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian yang berdiri tahun 1995. Kedua sekolah ini melebur menjadi UNCP tahun 2005.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat