Kunjungan Kerja Sama UNY ke Filipina

1
min read
A- A+
read

MoU di Filipina

Universitas Negeri Yogyakarta terus mengembangkan kerja sama dengan negara lain khususnya di wilayah ASEAN, salah satunya Filipina. Delegasi UNY yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Edi Purwanta didampingi Dr.Phil Rahmatul Irfan,  Dr. Tien Aminatun, Yuyun Farida, M.Biotech dan Astin Nuffika Rois, S.S. mengunjungi negara tersebut dengan tujuan menjalin kemitraan dalam bidang pendidikan di University of the Philippines dan Philippine Normal University. Kegiatan ini diinisiasi oleh bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY khususnya bidang Kerja Sama Luar Negeri. Delegasi UNY juga berkesempatan mengunjungi Kedutaan Besar RI di Manila dan disambut oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Manila Prof. Aisyah Endah Palupi.

Aisyah Endah Palupi memaparkan bahwa tahun depan direncanakan akan diselenggarakan Forum Rektor Indonesia di Manila yang digagas Prof. Setyo Yuwon. Selain itu, Atdikbud juga akan menghubungkan kerja sama UNY dengan institusi pendidikan yang lain di Filipina. “Di Filipina Kementerian Pendidikannya masih terpisah antara pendidikan tinggi dan pendidikan di bawahnya” kata Aisyah. Aisyah juga menyepakati untuk dapat memasukkan UNY dalam program kerja sama kependidikan di Filipina yang akan dilaksanakan tahun yang akan datang. Edi Purwanta menyambut baik tawaran tersebut dan menyebutkan bahwa kedatangan tim UNY ke Manila adalah dalam rangka inisiasi dan akselerasi kerja sama 5 in 1 yang terdiri atas joint curriculum, staff and student mobility, visiting professor, joint research, dan joint publication, citation, international conference’s speaker as a keynote or invited dalam rangka Pengembangan Pendidikan Indonesia melalui skema Kerja Sama dengan berbagai institusi pendidikan di luar negeri. Kami menyadari bahwa kemitraan atau kerja sama antar perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri merupakan suatu kaharusan di era globalisasi ini. Hal ini akan memberikan peluang yang lebih luas bagi UNY dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan akademik dan institusi, terutama karena UNY tengah menuju pada internasionalisasi universitas” kata Edi Purwanta, Senin (28/11). Di Filipina, perguruan tinggi yang dikunjungi adalah University of the Philippines dan Philippines Normal University.

Vice Chancellor for Academic Affairs, Nymia P. Simbulan, MPH, DrPH mengatakan bahwa University of the Philippines menyambut baik inisiasi kerja sama dengan UNY. Kita akan segera melakukan diskusi lanjut untuk mewujudkan pilot projects kolaborasi, yaitu: student exchange, transfer credit, lecturer exchange, visiting professor, join research, joint publication and international conference, sekaligus membuat draft MoU untuk memayungi kerja sama kita” katanya. Nymia berharap agar UNY dan UP akan memiliki bentuk kerja sama lainnya. Sedangkan Vice President for University Relations and Advancement, Philippine Normal University, Dr. Lordinio A. Vergara mengatakan bahwa dengan UNY akan bekerja sama dalam bidang vokasi, pertukaran mahasiswa, dosen serta penelitian dan publikasi bersama.

Dalam kesempatan ini UNY menandatangani nota kesepahaman dengan Philippine Normal University dalam bidang pertukaran mahasiswa, dosen dan peneliti, informasi akademik dan publikasi, kegiatan penelitian bersama, penyelenggara bersama konferensi penelitian internasional serta pertukaran lain yang bersifat akademik dan budaya yang disepakati oleh kedua belah pihak. Penandatanganan dilakukan oleh Vice President for University Relations and Advancement Philippine Normal University, Dr. Lordinio A. Vergara dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Edi Purwanta. Sedangkan dengan University of the Philippines, UNY sedang menjajaki serta menginisiasi peluang kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian yang relevan pada kedua perguruan tinggi.

Penulis : Dedy

Editor : Tim

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia