Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNY bagi MGMP Akuntansi SMK Kabupaten Kulonprogo

1
min read
A- A+
read

PPM MGMP Akuntansi

Tim dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari dua kelompok Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) telah melakukan program pengabdian kepada guru-guru program Akuntansi pada kelompok Musyawarah Guru Program Mata Pelajaran (MGPM) Kuloprogo. Kegiatan ini bertempat di SMKN 1 Girimulyo, Kulonprogo belum lama ini. Dua kelompok dosen pengabdi ini masing-masing diketuai oleh Dr. Siswanto, M.Pd. dari program studi Pendidikan Akuntansi dan Ani Widayati, Ed.D. Kegiatan PkM ini mengusung tema pengembangan kompetensi guru akuntansi MGMP Kulonprogo dalam bidang pemanfaatan teknologi dalam mendesain media dan proses pembelajaran.

Peserta kegiatan pelatihan ini sebanyak 21 orang guru akuntansi yang berasal dari beberapa sekolah yang tersebar di Kabupaten Kulon Progo. Sekolah tersebut dantaranya yakni SMKN 1 Girimulyo, SMKN 1 Pengasih, SMKN 1 Samigaluh, SMK Muhammadiyah 1 Wates, dan SMKN 1 Kokap. Kegiatan diawali oleh pemberian sambutan oleh Dekan FEB UNY Dr. Siswanto, M.Pd., sekaligus salah satu ketua kelompok tim pengabdi. Kemudia dilanjutkan dengan pemberian materi oleh bapak ibu anggota dari dua kelompok pengabdi. Berbagai materi disampaikan pada pelatihan ini. Beberapa materi pelatihan yang disampaikan oleh anggota tim pengabdi yaitu materi terkait “Konsep Dasar Media Pembelajaran” oleh Arif Rahman Hakim, M.Pd., kemudian materi terkait “Praktik Pembuatan Media Pembelajaran” oleh Rizqi Ilyasa Aghni, M.Pd. Selain itu disampaikan pula materi terkait “Collaboratif Learning” oleh Ani Widayati, Ed.D. dan materi “Praktik mendesain materi collaboratif learning menggunakan teknologi” disampaikan oleh Eka Ary Wibawa, M.Pd. dan Pradana Setialana, M.Eng. Materi-materi ini diharapkan dapat menambah insight bagi para guru peserta pelatihan untuk dapat menambah alternatif media dan model pembelajaran yang dapat dilakukan di dalam kelas.

Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh ketua MGMP Kulonprogo untuk program Akuntansi Winarto, M.Pd. yang sekaligus sebagai wakil kepala sekolah di SMK N 1 Girimulyo. Diharapkan melalui pelatihan sejenis dari program PkM dosen dapat membantu meningkatkan kompetensi guru Akuntansi di MGMP Kulonprogo, tidak hanya untuk memperbaiki proses pembelajaran tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah terjadi selama ini. Selain itu, para guru juga berharap pelatihan-pelatihan dengan tema lainnya dapat terus dilakukan pada tahun-tahun selanjutnya. Tidak hanya pada MGMP Kulonprogo tetapi juga pada daerah-daerah lainnya yang membutuhkan.

Penulis: Rizqi Ilyasa Aghni

Editor: Dedy

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus