Gus Menteri Desa Apresiasi Seminar PKBM Membangun Desa

1
min read
A- A+
read

Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan DPP FK PKBM Indonesia sukses menggelar Seminar Nasional dengan tajuk PKBM Membangun Desa yang diselenggarakan di Hall Abdullah Sigit, FIPP UNY pada Sabtu (28/1/2023). Gelaran seminar nasional ini merupakan puncak peringatan HUT ke-20 FK PKBM Indonesia. Hadir secara luring sebagai keynote speaker yaitu Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Gus Menteri Dr. (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.. menyampaikan pentingnya PKBM sebagai satuan pendidikan nonformal berperan aktif untuk meningkatkan kualitas SDM desa yang berkelanjutan. "Desa yang memiliki transparansi lebih kuat dari bentuk pemerintahan lainnya membutuhkan pengawalan seluruh pihak termasuk PKBM" Lanjut Gus Mentri.

Senada dengan Gus Menteri, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya menyampaikan bahwa perhatian UNY terhadap peningkatan kualitas SDM desa sudah dilakukan dengan program unggulan RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) untuk para perangkat desa, seperti yang sedang dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Peserta seminar nasional ini berasal dari seluruh pengurus FK PKBM dan pengelola PKBM se-Indonesia yang hadir secara luring dan daring. Hadir juga beberapa Nara sumber yang berasal dari berbagai kalangan baik akademisi maupun praktisi desa dan PKBM. "Hasil yang diharapkan dari seminar nasional ini adalah gotong royong peningkatan kualitas SDM desa antara PKBM dan Pemerintah Desa, semoga acara ini bisa menjadi awal dalam mewujudkan kolaborasi bersama dalam membangun desa" pungkas Yudan Hermawan ketua panitia Seminar Nasional.

Penulis: Yudan Hermawan
Editor: Prasetyo

IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia