Dosen UNY Bangun PLTS Untuk Bantu Pengairan Persawahan Di Sleman

1
min read
A- A+
read

PLTS

Sejumlah Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang beranggotakan Muhammad Luthfi Hakim S. T., M. Eng, Ir. Alex Sandria Jaya Wardhana, M.Eng. dibantu warga setempat membangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kalurahan Madurejo Kapanewon Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). PLTS tersebut dibangun oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebagai program pengabdian kepada masyarakat.

Muhammad Lutfhi, selaku pelaksana pengabdian menjelaskan, PLTS ini digunakan untuk menghidupkan pompa sebagai sarana mengalirkan air dari sumber setempat. “Aliran air tersebut sangat diperlukan untuk irigasi pada area persawahan,” terangnya.

“PLTS ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap petani di Indonesia khususnya di Kalurahan Madurejo Kapanewon Prambanan,” imbuhnya.

“Karena sebelumnya para petani mengeluhkan borosnya anggaran yang mereka keluarkan akibat penggunaan bahan bakar minyak, oleh karena itu saya bersama tim berinisiatif mengembangkan energi terbarukan ini,” kenangnya.

Ia berharap, pembangunan PLTS tersebut memberikan dampak yang besar bagi para petani khususnya dalam hal efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Adanya PLTS ini juga membuktikan bahwa UNY sangat berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengembangan energi terbarukan.

PLTS dari UNY sangat membantu petani di Kalurahan Madurejo dalam mengairi sawah. “Kami berterima kasih kepada Pak Luthfi dan kawan kawan dari UNY yang telah menghibahkan PLTS.” kata Ngatija warga setempat.

“Jelas, ini sangat berharga bagi kami karena proses pengairan sawah jadi lebih cepat, hemat dan mudah,” ujar Ngatija.

Penulis : Haryo

Editor : Dedy

MATCHING FUND