Pendampingan Packaging Kemasan Produk dan Optimalisasi E-Commerce Produk Teaching Factory SMK Negeri 6 Yogyakarta

Foto bersama

Era digital yang terus berkembang menyebabkan kompetisi di dunia usaha semakin ketat. Hal ini menuntut inovasi di berbagai sektor, termasuk dalam pengemasan produk dan strategi pemasaran. SMK Negeri 6 Yogyakarta, melalui program teaching factory telah menghasilkan produk kreatif yang berpotensi besar untuk bersaing di pasar. Namun, salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana memaksimalkan daya tarik produk melalui kemasan atau tampilan produk serta memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan omzet penjualan.

Melihat potensi tersebut dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakan (PkM) dengan tema ‘Pendampingan Packaging Kemasan Produk dan Optimalisasi E-Commerce untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Produk Teaching Factory SMK Negeri 6 Yogyakarta’ di Laboratorium Komputer IDB Lantai 3 Sayap Barat FEB UNY baru-baru ini. Tim dosen terdiri dari Eka Ary Wibawa, M.Pd. (FEB), Arif Rahman Hakim, M.Pd. (FEB), Farlianto, M.B.A. (FEB), dan Denny Wahyu Triawan, M.Pd. (FBSB). Selain dari tim dosen, kegiatan juga didampingi oleh mahasiswa, yang terdiri dari Heni Fadhilatul Muflikhah, Indah Sukowati, Isma Rani, Juan Lucky Pradana, Dwidika Bimakara, dan Muhammad Najib yang bertugas mendampingi siswa dan membantu kesulitan yang dihadapi siswa ketika praktik menggunakan Canva.

Kegiatan pendampingan dihadiri oleh 30 siswa dan satu orang guru pendamping dari SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pendampingan yang dilakukan terdiri atas penyampaian materi dan praktik. Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Eka Ary Wibawa, M.Pd. yang terdiri dari berbagai topik seperti peran penting e-commerce, keuntungan penggunaan e-commerce, tren terkini e-commerce, platform e-commerce populer, strategi pemasaran digital yang efektif, serta elemen design yang menarik. Sementara itu, praktik yang dilaksanakan yaitu praktik optimalisasi e-commerce dengan membuat akun toko di Shopee dengan pembicara Arif Rahman Hakim, M.Pd. dan praktik membuat design packaging produk menggunakan aplikasi Canva yang dipimpin oleh Denny Wahyu Triawan, M.Pd.

Sebelum praktik membuat design packaging suatu produk menggunakan aplikasi Canva, Denny Wahyu Triawan, M.Pd. menjelaskan seputar keunggulan aplikasi canva yang tepat digunakan untuk desain packaging produk dengan adanya berbagai template, elemen visual, font, dan alat desain sehingga dapat mempermudah pembuatan desain kemasan yang sesuai dengan kebutuhan branding produk kemudian dilanjutkan praktik optimalisasi e-commerce dengan pembuatan akun toko di Shopee yang didampingi oleh Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Setelah mendapat penjelasan dari tim pengabdi UNY, para peserta melakukan praktik secara mandiri untuk membuat desain packaging produk menggunakan aplikasi Canva. Diharapkan dengan adanya pendampingan praktik ini, siswa SMK Negeri 6 Yogyakarta dapat dapat menguasai keterampilan dasar dalam desain grafis yang kreatif dan efisien sehingga mampu menciptakan desain produk yang menarik sesuai dengan tren pasar yang dapat meningkatkan daya tarik visual produk di platform e-commerce. Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd. selaku guru pendamping menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim pengabdi UNY dan berharap kerjasama antara UNY dengan SMKN 6 Yogyakarta terus berkelanjutan dengan pelaksanaan pendampingan-pendampingan yang lain di tahun yang akan datang. 

Penulis
Heni & Eka
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat