Beri Kenyamanan Akademik, Sosialisasi PMB UNY (SNMPTN, SBMPTN, SM) Dilaksanakan Lebih Awal

2
min read
A- A+
read

SOSPRO PMB UNY

“Sosialisasi lebih awal sangat dibutuhkan agar dapat mempersiapkan diri dalam rangka memberikan kenyamanan akademik bagi pihak sekolah mengawal putra putri untuk melanjutkan studi. Kepala sekolah sebagai talang atur sosialisasi penerimaan mahasiswa, sehingga peserta didik dapat mempersiapkan lebih awal baik secara akademik ataupun yang lainnya,” demikian dikatakan Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. pada acara Penandatanganan Implementasi Kerjasama dan Sosialisasi PMB yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada Senin (27/12) di Grand Rohan Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti secara daring dan luring. Secara luring sejumlah 225 kepala sekolah SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta, sedangkan sejumlah 176 sekolah dengan daring via zoom yang sudah dipersiapkan. Hadir pula pada kegiatan ini Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Ketua PMB UPN Veteran dan ISI Yogyakarta, Ketua Admisi dari UIN Sunan Kalijaga. Kabid Dikmen Disdikpora DIY, Kabid Dikmadrasah Kanwil Kemenag DIY, Seksi SMA dan SMK Disdikpora DI, Kepala Balai Dikmen Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, serta tim dari UNY.

Lebih lanjut Margana menyampaikan bahwa Seleksi PMB UNY, harus menjadi nafas kita membantu peserta didik yang ingin melanjutkan studi, dan berharap peserta didik dapat mengenyam proses PMB, setidaknya merasakan atmosfer berkompetisi. “Jangan sampai ketidakberuntungan peserta didik menjadi kendala dalam PMB, karena ada KIP Kuliah. Bagi yang mempunyai prestasi yang luar biasa bidang olahraga, seni atau bidang lainnya, ada ruang khusus yang ingin melanjutkan studinya di UNY.” Hal ini merupakan implementasi UUD 1945 pasal 31 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan.

Pada bagian lain, Dra. Isti Triasih selaku Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora DIY menyampaikan Terima kasih kepada UNY, yang telah mempelopori pemberian informasi lebih dini tentang pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN 2022. Walaupun di masa pandemi Covid-19, semua peserta didik harus melakukan pembelajaran secara daring tentunya ada hambatan, namun insyaallah peserta didik sudah dipersiapkan untuk mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk mengakses informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru terutama di UNY secara penuh, supaya tidak terlambat dan ketinggalan informasi. Jangan sampai terlambat. Pesan saya, untuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru BK untuk mendampingi proses pendaftaran, pemilihan prodi, pelaksanaan seleksi bagi peserta didiknya agar tidak ada kesalahan, dan sesuai yang diharapkan. UNY tidak hanya milik Yogyakarta, tetapi milik nasional juga. UNY masuk pada klaster I perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” kata Triasih.

Direktur Pelaksana Eksektutif LTMPT, Prof. Dr. Budi Prasetyo menyampaikan, “Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita. LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.”

Beberapa hal yang disampaikan oleh Budi, diantaranya SNMPT meliputi PDSS, persyaratan sekolah, persyaratan peserta, pilihan program studi, portofolio, tahapan pendaftaran, ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah, jadwal SNMPTN 2022.
Sedangkan informasi tentng SBMPTN-UTBK, antara lain tentang latar belakang, tujuan UTBK, ketentuan umum, persyaratan, materi, kelompok ujian, portofolio, tahapan pendaftaran, pilihan program studi, biaya UTBK, jadwal pendaftaran.

Banyak hal yang disampaikan, namun lebih jelasnya informasi tentang SNMPTN dan SBMPTN dapat dilihat di laman ltmt.ac.id.

Saat ditanya tentang SM UNY 2022, Dr. Setya Raharja menyampaikan bahwa pola/skema SM UNY dilaksanakan dengan tiga jalur, yaitu seleksi nasional dengan jalur SNMPN dan SBMPTN, seleksi mandiri, dan seleksi mandiri kerja sama. Seleksi Mandiri meliputi jalur prestasi, CBT dan UTBK. Untuk prestasi dilaksanakan dengan Prestasi Akademik, prestasi unggul, prestasi olahraga unggul, talent scouting. Sedangkan CBT dilaksanakan dengan CBT di kampus dan CBT Domisili. Untuk CBT di kampus menunggu perkembangan Covid-19. Informasi tentang pelaksanaan pendaftaran di UNY bisa dilihat pada laman pmb.uny.ac.id. (sud).