SOSIALISASI PENDIDIKAN VOKASI DAN BIDIKMISI UNY

1
min read
A- A+
read

SOSIALISASI PENDIDIKAN VOKASI DAN BIDIKMISI UNY

Selasa (24/23) Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa, M.Pd., mengadakan sosialisasi Pendidikan Vokasi dan Bidikmisi UNY di Gunungkidul. Dikatakannya bahwa “tidaklah berubah nasib suatu kaum kecuali ia mengubah diri mereka sendiri”, inilah firman Allah yang dijadikan pedoman untuk menjadikan pijakan dalam rangka mengubah putra-putri untuk mengubah nasib mereka sendiri. Hal ini yang mendorong Sutrisno bersama Bupati Gunungkidul Badingah, yang senantiasa memperjuangkan kehadiran lokal kampus baru UNY di Gunungkidul. Dengan kehadiran kampus, maka masyarakat dapat memperoleh ilmu yang lebih baik. Akhirnya, nasib Gunungkidul juga diharapkan dapat berubah. Dari daerah yang banyak memiliki tantangan ekonomi, menjadi segudang potensi.

Lebih lanjut Sutrisna mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan Pendidikan Vokasi di Gunungkidul adalah 1)  program sinergi antara pemda GK dengan UNY. (pemda menyediakan tanah dan beasiswa, UNY secara akademik menfasilitasinya; 2) prodi yang dibuka ada delapan, yaitu: pengelolaan usaha rekreasi, logistik perdagangan internasional, bisnis kreatif, bisnis digital, tata boga, tata busana, akuntansi, dan teknik informatika); dan 3) tidak mampu ada beasiswa, jangan putus asa. Sedangkan visi prodi vokasi adalah untuk mengembangkan anak-anak putra daerah GK menjadi pribadi yang mandiri, pada akhirnya siap kerja, dan bagaimana mengembangkan potensi di GK : pariwisata, ekonomi kreatif, kuliner dll.

Rektor UNY juga mengungkapkan Bidikmisi, ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik baik, tetapi kurang mampu. Saat ini, ada 324 kondisi mhs bidikmisi 2019.

Pada kesempatan ini juga hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid, MM., beliau mengatakan bahwa Pemerintah Gunungkidul-lah yang meminta UNY-lah untuk datang ke Gunungkidiul, dengan harapan 1). ingin menyukseskan visi pemerintah daerah Gunungkidul,  yaitu menjadikan daerah tujuan wisata yang berbudaya, berdaya saing, maju, berbudaya. Dan 2) Angka pendidikan sebaran ke minat, masuk SMK 76%, SMA 24%,, maka perlu SDM & alam kepingin lulus kelas kerja. Sehingga dengan kehadiran UNY dalam hal ini pendidikan vokasi di Gunungkidul harapannya Sumber Daya Manusia lebih berkualitas, sehingga dapat mengelola Sumber Daya Alam di Gunungkidul.

Setelah acara preskon selesai, Rektor didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul mengunjungi mahasiswa penerima bidikmisi dan berprestasi di daerah Duwet, Pindul dan di daerah Saptosari. (Sdr).