Tuangkan Eco Enzyme untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Wakil Rektor menuangkan eco enzyme

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Soni Nopembri Bersama Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha UNY Prof. Margana melakukan aksi peduli lingkungan dengan menuangkan eco enzyme di Embung HSC UNY. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye ‘UNY Hijau’ yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran civitas akademika dan masyarakat sekitar terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Eco enzyme adalah larutan serbaguna yang terbuat dari fermentasi limbah dapur organik seperti kulit buah dan sayuran, gula merah, dan air. Larutan ini memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai pembersih alami, pupuk organik, hingga agen penghilang bau. Dengan menggunakan eco enzyme, diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UNY menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini ingin mengedukasi mahasiswa dan masyarakat bahwa menjaga lingkungan dapat dimulai dari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari. “Penggunaan eco enzyme ini merupakan langkah konkret untuk mengurangi dampak negatif bahan kimia terhadap lingkungan dan mendukung pertanian organic” katanya. Kegiatan penuangan eco enzyme ini juga diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Termasuk di Embung Langensari Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut diadakan sosialisasi tentang cara pembuatan eco enzyme secara mandiri sehingga dapat mempraktikannya. Dengan demikian, gerakan ini tidak hanya berhenti di kampus, tetapi dapat meluas ke lingkungan sekitar dan berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Kampanye ‘UNY Hijau’ diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk ikut serta dalam gerakan peduli lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya menjaga bumi untuk generasi mendatang.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat