Seminar Persiapan Purna Tugas bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan UNY

1
min read
A- A+
read

Kamis pagi (29/9) bertempat di Ruang Sidang Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta, Bagian Kepegawaian menyelenggarakan Seminar yang diperuntukkan bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang akan mempersiapkan purna tugas di penghujung tahun 2022 dan awal tahun 2023. Seminar ini bertujuan agar para calon purnatugas tersebut merasa tenang dan siap ketika pensiun dari UNY nantinya.

Berdasar dari laporan yang disampaikan oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., ada sebanyak 80 dosen dan tendik yang akan segera purna atau pensiun di akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023. dari 80 orang tersebut terdiri dari pegawai FIP 11 orang, FBS 15 orang, FMIPA 6 orang, FIS 9 orang, FT 17 orang, FIK 9 orang, FE 3 orang, BAKK 2 orang, BUPK 7 orang, dan UPT Perpustakaan 1 orang.

Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. dalam sambutannya menghaturkan rasa terima kasih kepada para calon purnatugas yang akan segera pensiun. "Terima kasih banyak saya haturkan kepada senior kami, yang sudah mengabdikan diri selama ini kepada lembaga kita ini, tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan, dengan kunci utamanya yaitu tentrem atine lan seneng (bahagia)" lanjut pria kelahiran Seyegan, Sleman 57 tahun yang lalu. Di akhir sambutannya, Rektor membuka secara resmi seminar persiapan purna tugas dengan simbolis meniup peluit.

Dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Siswanto, narasumber yang dihadirkan adalah Dr. (H.C.) Drs. H. Darsono selaku Ketua Yayasan Sasmita Jaya, dan Karem selaku Bisnis Institusional Manager Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap). Darsono memberikan gambaran tentang pengalamannya setelah pensiun dini sebagai PNS yang hanya beberapa tahun diembannya, dengan mendirikan Yayasan Sasmita Jaya yang bergerak dalam bidang pendidikan murah yang menjangkau ke semua lapisan masyarakat terlebih bagi masyarakat marjinal, dan kini telah berkembang menjadi sebuah Yayasan Multibidang yang besar dan telah dianugerahi penghargaan sebagai Penyetor Pajak Terbesar di Kota Tangerang Selatan. Dari Bank Mantap, Karem menjelaskan tentang kerawanan yang dialami oleh para pensiunan di awal usia pensiun, yakni bimbang dalam memilah dan memilih Bank mana yang akan dijadikan sebagai pengelola dana pensiun mereka. Menawarkan berbagai program yang diyakini lebih menguntungkan dan memudahkan para pensiunan, tanpa dibebani dengan bunga yang tinggi ataupun administrasi yang merepotkan, Bank Mantap hadir khusus untuk melayani pensiunan yang ingin merasakan ketenangan dalam menikmati masa pensiunnya.

Seminar yang juga turut dihadiri oleh para wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, pimpinan lembaga, dan kepala unit, serta Koordinator Administrasi di lingkungan UNY, diakhiri dengan pemberian serifikat kepada kedua narsumber oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan. Diharapkan, dari seminar ini, para calon purnatugas akan lebih siap dan mantap dalam menyongsong masa pensiun mereka kedepannya.

Penulis: Pras
Editor: Yuyun