Para Juara Festival Dalang Cilik UNY

1
min read
A- A+
read

Penyerahan hadiah juara FDC

Festival dalang cilik dalam rangka dies natalis UNY ke-58 telah terlaksana pada Minggu-Kamis (15-19/5) dengan diikuti 30 peserta yang berasal dari Jawa Timur 5 peserta, Jawa Tengah 9 peserta dan DIY 16 peserta.. Menurut wakil ketua panitia dalang cilik Danang Prastowo, MA, peserta yang mendaftar cukup banyak sehingga terkumpul lebih dari 40 orang. “Tentu saja kami dengan berat hati menolaknya karena kami hanya punya kuota untuk 30 orang siswa SD dan SMP” katanya.

Para dewan juri yaitu Prof. Suminto A. Sayuti dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Udreka, M.Sn dari ISI Yogyakarta serta Blasius Subono, M.Sn dari ISI Surakarta memilih para juara festival berdasarkan kriteria penilaian yang diantaranya mencakup lakon, sanggit, antawacana, sabet serta iringan yang didalamnya ada dodogan, keprakan, luklukan dan karawitan. Untuk kategori SD, juara 3 diraih Bernardus Handaru Gantari dari Sleman dengan nilai 1240, juara 2 diraih Sadu Pramesi dari Sukoharjo dengan nilai 1310 dan juara pertama diraih Muhammad Rafiandra Alvaro dari Sragen dengan nilai 1405. Untuk kategori SMP juara 3 direbut Raka Wersniwira Purnomo Aji dari Bantul dengan nilai 1400, juara 2 direbut Juvanda Wahyu Arifky dari Surakarta dengan nilai 1470, juara pertama direbut Dani Aji Cahyo Bawono dari Tulungagung dengan nilai 1480. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Dekan FBS Dr. Sri Harti Widyastuti.  

Menurut Ketua Panitia Dies Natalis UNY Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.D. kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dies natalis UNY. “Karena sesuatu hal satu orang peserta mengundurkan diri sehingga hanya ada 29 orang peserta FDC yang merupakan dalang cilik terbaik yang diharapkan mampu nguri-uri kebudayaan Jawa” kata Nur. (Dedy)