Kolaborasi Matching Fund: Pengembangan UNY-Digital Learning Centre bersama TVRI

1
min read
A- A+
read

Dilandasi latar belakang Universitas Negeri Yogyakarta sebagai kampus penghasil dan pengembang produk rekacipta, TVRI sebagai sebuah industri yang memerlukan produk rekacipta yang berkualitas untuk dihilirisasi, sehingga pada hari ini Kamis (17/3) bertempat di ruang rapat TVRI stasiun Yogyakarta, pihak UNY dan TVRI stasiun Yogyakarta yang difasilitasi Kemendikbudristek mengadakan kegiatan kolaborasi Matching Fund dengan tema Pengembangan UNY-Digital Learning Centre bersama TVRI.

Kemendikbudristek menyediakan “matching fund” sebagai insentif kampus yang ingin bekerja sama dengan industri, sedangkan kedaireka adalah platform/marketplace untuk mempertemukan kepentingan industri dan kampus.

Kegiatan yang diprakarsai Bidang Akademik UNY ini sebagai delegasi dari UNY dipimpin oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. menyampaikan “berangkat dari visi Kampus Merdeka, Kedaireka wujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialiasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini sejalan dengan tekad UNY untuk menjadi PTN BH.” Sementara wakil dari UNY yang turut membersamai diantaranya Prof. Dr. Suranto, Suprapto, Ph.D., Dr. Nawan Primasono, Muslikhin, Ph.D. dan pokja/poknis bidang Akademik. Sedangkan dari pihak TVRI berkenan menerima kunjungan UNY diantaranya beberapa pimpinan dan staf yang relevan.

“Matching fund akan diprioritaskan untuk kemitraan yang memiliki dampak terbesar terhadap 8 IKU, sehingga transformasi pendidikan tinggi melalui 8 indikator kinerja utama dapat tercapai yaitu lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi internasional, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan program studi berstandar internasional,” kata Samsul Hadi.

Dari pertemuan ini, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengharapkan adanya hubungan supply dan demand antara UNY dengan TVRI, diantaranya TVRI dapat memberikan penawaran masalah bisnis atau business case untuk diselesaikn bersama-sama dengan civitas akademik yang dapat melibatkan pimpinan perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa, atau perguruan tinggi dapat menawarkan usulan penyelesaian masalah (dalam berbagai macam bentuk, misalnya penelitian, ide, gagasan, rencana, produk untuk diperguruan di industri. (Joy-binsoed).