INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA BOGOR ADAKAN KUNJUNGAN VIRTUAL KE PENDIDIKAN IPS FIS UNY

1
min read
A- A+
read

INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA BOGOR ADAKAN KUNJUNGAN VIRTUAL KE PENDIDIKAN IPS FIS UNY

Program Studi (prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Fakultas Imu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta ( FIS UNY), menerima kunjungan virtual dari Institut TAZKIA atau Institut Agama Islam Tazkia  pada Rabu (07/07) lalu. Kunjungan virtual yang memanfaatkan aplikasi zoom ini diikuti oleh 4 delegasi dari Institut Agama Islam Tazkia. Kunjungan dari mitra Jurusan Pendidikan IPS Institut Agama Islam Tazkia  yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Andang Heryahya, M.Pd.,M.Pd.I melakukan kunjungan virtual ke UNY tersebut, disambut langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan IPS, Dr. Sudrajat, M.Pd. Pada kesempatan tersebut hadir pula mendampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIS UNY, Sekretaris Jurusan P. IPS, Satriyo Wibowo, M.Pd., dan Koordinator prodi Magister Pendidikan IPS,  Dr. Saliman, M.Pd., serta beberapa dosen di jurusan P. IPS FIS UNY.

Dalam sambutannya, ketua Jurusan Pendidikan IPS Institut Agama Islam Tazkia, Asnan Purba, Lc., M.Pd.I mengungkapkan alasan Institut Agama Islam Tazkia  memilih melakukan kunjungan ke UNY. Menurut Asnan, UNY merupakan salah satu universitas negeri terkemuka di kancah nasional maupun internasional, khususnya pendidikan IPS yang  telah berdiri sejak tahun 2008, telah mendapat akreditasi baik nasional maupun internasional.

“Dalam kunjungan virtual ini kami ingin mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola pendidikan. Hal ini bertujuan agar di dalam pengelolaan Universitas ke depan bisa maju dan berkembang sesuai perkembangan zaman. Seperti yang sudah dilakukan oleh Jurusan P. IPS FIS UNY yaitu ppl online, ujian komprehensif, tugas akhir skripsi online, kkn online, tracer alumni, kualitas lulusan dan kurikulum merdeka,” jelasnya. Asnan menambahkan, “Memang sudah banyak sekali program studi yang ada di UNY. Mudah-mudahan dengan studi banding ini kita bisa mengikuti keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih oleh UNY,” terang Asnan.

 Di akhir acara, Asnan mewakili rombongan juga menyampaikan bahwa secara keseluruhan kunjungan tereebut berjalan dengan baik. “Dari kunjungan meskipun dilaksanakan secara virtual, namun esensi dari kunjungan ini tetap kami dapatkan. Pertanyaan-pertanyaan yang kami sampaikan juga sudah dijawab dengan sangat baik.” pungkasnya.

Sedangkan Drajat pun menyampaikan kebahagiaannya bisa menerima kunjungan dari Institut Agama Islam Tazkia. Drajat menyampaikan dengan tangan terbuka akan menerima Kembali kunjungan baik virtual atau jika pandemic telah berakhir bisa saling bertatap muka, dan hubungan Kerjasama bisa dijalankan dan dikembangkan lebih baik lagi kedepannya. “pada prinsipnya jurusan P.IPS FIS UNY sangat terbuka untuk menerima kunjungan dari teman – teman prodi P.IPS dari univertsitas mitra, dan kami merasa terhormat akan kunjungan yang dilakukan. Semoga Kerjasama kemitraan kita bisa berjalan lancar untuk kedepannya.” Ungkap Drajat dalam sambutan penerimaannya. (yumi&sari)