Workshop Penyelenggaraan Praktik Kependidikan

1
min read
A- A+
read

Workshop Penyelenggaraan Praktik Kependidikan

Unit KKN, PK, PI, dan Magang UNY mengadakan workshop penyelenggaraan praktik kependidikan semester gasal tahun akademik 2024-2025 di Rektorat, Jumat (5/7). Workshop ini dihadiri oleh 375 Kepala Sekolah serta pimpinan lembaga di DIY dan Jawa Tengah. Harapannya, lembaga mitra yang akan menjadi tempat praktik mahasiswa pada semester depan dapat memahami dan memiliki persepsi yang sama terkait pelaksanaan PK.

Menurut Kepala Unit KKN, PK, PI dan Magang  Dr. Yudanto, mahasiswa UNY dari program studi pendidikan akan melaksanakan Praktik Kependidikan (PK) di sekolah-sekolah di wilayah DIY dan Jawa Tengah serta PK internasional di di Malaysia, Bangkok dan Jeddah.Kegiatan PK akan dimulai 18 Juli hingga 30 September yang akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan dalam situasi nyata di sekolah” kata Yudanto. Jumlah peserta PK 3.666 mahasiswa yang tersebar di sekolah, lembaga atau klub di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Di DIY peserta PK sejumlah 3.315 mahasiswa dan Jawa Tengah 323 mahasiswa. PK internasional diikuti 28 mahasiswa.

Kegiatan dibuka Rektor UNY Prof. Sumaryanto yang mengatakan bahwa slogan UNY jaya lembaganya sejahtera warganya bukan hanya untuk UNY namun juga bagi mitra. “UNY mengelola tiga bidang yaitu akademik, profesi dan vokasi” kata Rektor. Untuk vokasi ada rumpun keilmuan teknik, ekonomi bisnis dan olahraga di kampus Gunungkidul dan Wates. Rektor juga mengajak para hadirin untuk studi lanjut S1, S2 dan S3 yang akan diterima dengan suka cita. Lulusan UNY harus terfasilitasi dimana gajinya harus sesuai stratifikasi, bekerja sesuai passionnya dan masa tunggu rendah.

Materi terkait dengan penjelasan teknis pelaksanaan kegiatan PK mahasiswa UNY semester gasal tahun akademik 2024-2025 disampaikan oleh kepala divisi PK Dr. Setyawan Pujiono dan penjelasan teknis sistem PK disampaikan oleh staf Subdit Keuangan Moh Aziz Purnomo,S.Kom. UNY mengedepan kualitas pendidikan dan kolaborasi untuk memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa.

Penulis
Ivana Sekar Anisa
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat