Penarikan Mahasiswa KKN PK UNY

1
min read
A- A+
read

Penyerahan piagam

Universitas Negeri Yogyakarta secara resmi menarik mahasiswa yang menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Kependidikan (PK) yang berlangsung sejak 13 Juli hingga 12 Desember 2022. Kepala Unit Layanan KKN PK UNY Dr. Ngatman mengatakan program KKN PK diikuti oleh 4.533 mahasiswa yang terdiri dari 1.030 mahasiswa prodi non kependidikan yang mengikuti KKN dan 3.503 mahasiswa prodi kependidikan yang mengikuti PK. “Didampingi oleh 210 dosen pembimbing lapangan KKN dan 196 dosen pembimbing lapangan PK” kata Ngatman, Senin (12/12) di UNY.

Kepala Bappeda Kabupaten Blora A. Mahfud Junaedi, M.Si mengatakan hasil kerja mahasiswa KKN UNY di Kabupaten Blora selama 6 bulan sangat luar biasa. “Permasalahan stunting misalnya, apabila yang menyampaikan materi dari mahasiswa maka masyarakat bisa menerimanya, berbeda apabila kami yang menyampaikan” kata Kepala Bappeda. Bahkan saat diadakan sosialisasi tentang menikah dini masyarakat mempercayainya dan akan berimbas dampaknya pada kemiskinan, kesiapan sumber daya manusia, pendidikan dan sebagainya. Padahal Bupati Blora berkeinginan agar Blora menjadi unggul sumber daya manusianya sehingga punya daya saing. Kepala Bappeda berharap agar kerjasama ini dapat terus terjalin pada masa-masa yang akan datang.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sleman Fadmiyati, M.Pd berterima kasih pada UNY karena telah diberi kepercayaan sebagai tempat menempuh praktik kependidikan dimana dapat menjadi tempat berbagi dan berkolaborasi. “Selama mahasiswa melakukan praktik kependidikan, kami memberikan bimbingan dan pendampingan dalam kegiatan tentang pembelajaran” kata Fadmiyati. Selain itu mahasiswa juga belajar tentang hal pendukung seperti administrasi tata usaha, pengelolaan UKS, pengelolaan perpustakaan dan piket pembelajaran. Tujuannya agar mahasiswa mempunyai kompetensi yang dibutuhkan sebagai tenaga pendidik yang berkualitas. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dibimbing oleh guru pamong mulai dari persiapan pembelajaran, menyusun RPP, menyiapkan instrumen, penilaian, memilih media serta strategi pembelajaran dan sebagainya. Harapannya mahasiswa yang melaksanakan praktik kependidikan ini betul-betul memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Mewakili Rektor, Prof. Lantip Diat Prasojo selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menerima kembali mahasiswa yang telah menempuh KKN dan PK selama 6 bulan. “Perlu diketahui bahwa UNY sekarang telah menjadi PTN BH” katanya. Menurut Lantip dengan dijadikannya PTN BH maka akan lebih fleksibel dalam pembukaan atau penutupan prodi sehingga dapat mengakomodasi permintaan dari stakeholder dalam memenuhi kebutuhannya. Seiring dengan hal itu maka perlu kerjasama antara kampus dengan dunia usaha dunia industri, komunitas, dan media yang dikemas dalam pentahelix. Wakil Rektor menyebutkan bahwa kegiatan KKN PK ini merupakan salah satu daya dukung bagi pemerintah, masyarakat maupun kampus dalam pentahelix, oleh karenanya UNY mengucapkan terimakasih atas diterimanya mahasiswa UNY dalam menjalani KKN dan PK di 13 kabupaten kota di DIY dan Jawa Tengah, sekaligus menjalani pengalaman yang nyata di lokasi. “Kami ingin lulusan UNY mempunyai karakter tersendiri yang berbeda dengan universitas yang lain, lembah manah andhap asor” harap Lantip. Kegiatan ditutup dengan pemberian piagam pada perwakilan guru pendamping yang diterima oleh Hermanto, M.Pd dari SMAN 1 Sleman.

Penulis : Dedy

Editor : Yuyun

MBKM