UNY Adakan Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023/2024

1
min read
A- A+
read

Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi Universitas Negeri Yogyakarta (DPPK UNY) pada hari Selasa, 12/9 mengadakan acara orientasi akademik bagi mahasiswa PPG Prajabatan (Prajab) Gelombang I Tahun 2023/2024 Auditorium UNY. Direktur DPPK Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes., dalam dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para mahasiswa baruPPG Prajab supaya dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Secara rinci Prof. Erwin memaparkan bahaw setelah mengikuti orientasi mahasiswa diharapkan dapat menerapkan growth mindset, menerapkan Alur MERDEKA dalam pembelajaran PPG Prajab, dapat melaksanakan PPL sesuai dengan petunjuk teknis. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan tepat dengan menggunakan fitur-fitur LMS yang baru saja diluncurkan oleh GTK, lanjut Prof. Erwin yang juga merupakan guru besar Bidang Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar pada Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY.

Dalam orientasi tersebut, sebanyak 1.025  mahasiwa mengikuti sejumlah agenda dengan tertib dan antusias dalam diskusi dan tanya-jawab dari pukul 08.30 s.d. 16.10 WIB. Jumlah mahasiswa tersebut terdiri atas 176 mahasiswa Bidang Studi PGSD, 56 mahasiswa Bidang Studi Bahasa Indonesia, 24 mahasiswa Bidang Studi Bahasa Jawa, 14 mahasiswa Bidang Studi Bahasa Perancis, 11 mahasiswa Bidang Studi Seni Budaya, 208 mahasiswa Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam, 1 mahasiswa Bidang Studi Biologi, 29 mahasiswa Bidang Studi Matematika, 202 mahasiswa Bidang Studi IPS, 3 mahasiswa Bidang Studi Teknik Geologi Pertambangan, 24 mahasiswa Bidang Studi Busana, 30 mahasiswa Bidang Studi kuliner, 19 mahasiswa Bidang Studi Perangkat Lunak dan Gim, 1 mahasiswa Bidang Studi Animasi, 15 mahasiswa Bidang Studi Teknik Elektronika, 27 mahasiswa Bidang Studi Teknik Konstruksi dan Perumahan, 149 mahasiswa Bidang Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan 11 mahasiswa Bidang Studi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Mahasiswa baru PPG Prajab UNY tersebut berasal 25 provinsi dan 134 kabupaten/kota.

Hadir pada kegiatan orientasi tersebut Rektor Uny Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. didampingi Prof. Edi Purwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya. Para dekan, direktur, sesdit, kanit, kasubdit, korbids dan para mitra hadir sebagai tamu undangan dan mengikuti pembukaan dengan khidmat. Dalam sambutannya, Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M. Kes., menegaskan bahwa UNY berkomitmen penuh dalam penyelenggaraan PPG Prajaban untuk menghasilkan guru profesional. Dalam rangka komitmen tersebut, ia beserta jajarannya terus berupaya meningkatkan seluruh SDM yang ada di UNY dengan mendorong para dosen tendik untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi dan terus memberikan dukungan bagi para dosen dan tendik untuk naik pangkat dan jabatan. Hal ini merupakan contoh nyata bagi para mahasiswa PPG Prajab untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan profesionalisme. Lebih lanjut Prof. Sumaryanto menjelaskan bahwa SDM yang berkualitas nantinya mampu menciptakan insan professional dan andal di bidangnya termasuk dalam  mengelola PPG.

Pada kegiatan ini juga hadir para nara sumber untuk memaparkan materi orientasi kepada mahasiswa yaitu Prof. Suyanto, Ph.D yang juga merupakan Ketua Majelis Wali Amanat UNY. Beliau memaparkan materi dengan tema growth Mindset. Dr. Woro Sri Hastuti, M.Pd memberikan orientasi pembelajaran PPG Prajab, Dr. Sabar Nurohman, M.Pd., dan Dr. Sukarno, M.Hum. menyampaikan materi dan melakukan Alur Merdeka dan Eksplorasi PPL PPG Prajab”. Sedangkan Dr. Phil. Nurhening Yuniarti, M.T. memaparkan Strategi “Pembelajaran dengan dukungan LMS”.  Pada Sesi terakhir Arpiaka Harani, Andhika Widiasto, dan Moh. Azis Purnomo berselancar di LMS PPG Prajab dan menyampaikan ePakta.

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Erwin Setyo Kriswanto

MBKM