Universitas Negeri Yogyakarta Jalin Kemitraan Dengan Tiga Perguruan Tinggi

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan MoU dengan Dresden

Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kemitraan dengan Fachhochschule Dresden (FHD) Jerman, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Universitas Lambung Mangkurat dan Politeknik Penerbangan Makassar. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan di Rektorat UNY, Kamis (27/7). Dari FHD Jerman hadir Prof. Dr. Cristoph Scholz selaku Rektor didampingi Paola Yaconis Kepala Kantor Internasional FHD. Rombongan dari Universitas Widya Gama Mahakam hadir Prof. Dr. Husaini Usman (Rektor), Dr. Akhmad Sopian (Wakil Rektor Bidang SDM dan Keuangan), Dr. Suyanto (Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Kemahasiswaan, Alumni dan Humas) serta Aan Indarto, S.Pd. (Kepala Lembaga Kerja Sama dan Sistem Informasi). Universitas Lambung Mangkurat mengutus Dr. Ir. Yusuf Azis (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas) dan dari Politeknik Penerbangan Makassar hadir Dr. Moch. Rifai (Wakil Direktur I) dan Ida Umboro Wahyu Nur Wening, S.ST., M.T. (Kepala Unit Pengembangan Usaha).

Rektor FHD Cristoph Scholz mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan awal dari kemitraan dari lembaga pendidikan dari penjuru dunia yang berbeda. “Pertama kolaborasi akademik, pertukaran penelitian dalam budaya, membuka jalan untuk masa depan yang lebih saling berhubungan dan sadar global” katanya. Pendidikan adalah landasan kemajuan dan kemakmuran dan kolaborasi ini tidak diragukan lagi akan meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa dan fakultas. Melalui kerja sama dan pertukaran pengetahuan memungkinkan mahasiswa memperoleh manfaat dari pendidikan yang lebih beragam dan komprehensif yang pada akhirnya berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi kedua negara. Scholz mengingatkan bahwa pertukaran budaya penting dalam aliansi ini. Interaksi antara siswa dan staf dari berbagai latar belakang dituntut saling pengertian, menghormati dan menghargai tradisi satu sama lain. Pertukaran nilai-nilai budaya ini akan menjadi landasan untuk membangun jembatan persahabatan yang tak lekang oleh waktu.

Menurut Rektor Universitas Widya Gama Mahakam Husaini Usman kolaborasi dengan UNY ini membuka penelitian yang seluas-luasnya tentang Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di wilayahnya karena diwacanakan seluruh PNS Departemen akan dipindahkan kesini. “Hal itu memerlukan pelatihan dalam banyak bidang” kata Husaini Usman. Termasuk riset tentang IKN utamanya dalam bidang pendidikan.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumberdaya UNY Prof. Edi Purwanta mengharapkan agar pertemuan ini ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan Bersama. “Mudah-mudahan kerjasama ini membawa berkah bagi perkembangan institusi masing-masing” ujar Edi Purwanta. Karena konsep pada era sekarang bukanlah kompetisi melainkan kolaborasi karena bisa saling membantu untuk menjadi lebih baik.

Penandatanganan nota kesepahaman mengenai pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Prof. Margana dengan masing-masing perwakilan perguruan tinggi mitra. Acara diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan ramah tamah.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

Kategori Humas
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia