TIM PKM FBS RAIH EMAS DALAM PIMNAS

1
min read
A- A+
read

TIM PKM FBS RAIH EMAS DALAM PIMNAS

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Bahasa dan Seni UNY dengan bimbingan Dosen Pendidikan Bahasa Jerman Wening Sahayu berhasil meraih emas kategori presentasi sekaligus perak kategori poster dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Bali baru-baru ini. Tim PKM UNY yang terdiri dari Anggraini Riandani dan Dika Andri Pradana prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Dwi Larasati dan Teguh Bangun Satria prodi Pendidikan Bahasa Daerah serta Sukarno prodi Pendidikan Bahasa Inggris membuat karya berjudul ‘Gerjo Edu-Eco Wisata Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Gunungkidul’.

Menurut Anggraini Riandani kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda Dusun Gerjo dengan mengadakan pelatihan pengelolaan desa wisata. “Pelatihan yang telah dilakukan meliputi penggalian dan pengembangkan potensi desa, mengelola desa wisata, menjadi pemandu wisata hingga mempromosikan desa wisata tesebut” katanya. Masyarakat sasaran dari program ini ialah pemuda-pemudi dusun Gerjo yang tergabung dalam Karang Taruna Sentana Muda. Anggota Karang Taruna Sentana Muda terdiri dari pelajar SMA dan SMK, para lulusannya dan remaja putus sekolah. Mayoritas pelajar SMA/SMK dan alumni tersebut memiliki rencana untuk bekerja di luar kota. Hal ini karena minimnya lapangan pekerjaan di wilayah tersebut.

Dika Andri Pradana mengatakan kegiatan ini telah menampakkan hasil, diantaranya masyarakat telah mengetahui potensi desa dan telah termotivasi untuk mengangkatnya. “Masyarakat dusun Gerjo telah mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan ketika wisatawan berkunjung ke Gerjo Edu-Eco Wisata dan berkesempatan untuk praktik bersama wisatawan” paparnya. Selain itu masih ada potensi hasil lainnya yaitu di bidang pendidikan, transfer ilmu dari perguruan tinggi  kepada masyarakat sehingga mampu memanfaatkan potensi desa dan menjadi pemandu wisata yang baik. Sedangkan di bidang ekonomi pemanfaatan potensi desa yang baik, sangat memungkinkan kawasan ini menjadi desa Wisata yaitu Gerjo Edu-Eco Wisata yang ramai wisatawan, sehingga menambah peluang usaha di kawasan tersebut.

Anggraini Riandani berharap agar PKM Bidang Pengabdian Masyarakat ini dapat terus berlangsung, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. (Dedy)