Semangat Pantang Menyerah Dinas Tri Nurhadi: Mahasiswa Baru Disabilitas di Pendidikan Sejarah UNY

Dinas Tri Nurhadi

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2024 yang dilaksanakan pada Senin (5/8) diikuti oleh 12.002 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk terdapat beberapa mahasiswa penyandang disabilitas. Dinas Tri Nurhadi, salah satu mahasiswa penyandang disabilitas fisik yang ikut hadir meramaikan upacara penerimaan mahasiswa baru di GOR UNY. Ia diterima di program studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik UNY.

Laki-laki yang akrab disapa Dinas ini mengisahkan bahwa awal mulanya ia tertarik untuk kuliah di UNY karena terinspirasi dari saudara-saudaranya yang juga berkuliah di Yogyakarta. Dinas telah menunjukkan semangat pantang menyerah dan tekad kuat untuk diterima di UNY. Awalnya ia memilih program studi psikologi sebagai pilihan pertama melalui jalur SNBP dan SNBT, namun akhirnya ia tidak dinyatakan lulus. Tidak menyerah, Dinas mendaftar kembali melalui jalur CBT Kampus dan akhirnya diterima sebagai calon mahasiswa baru di program studi pendidikan sejarah.

Selain fokus dalam bidang akademik, Dinas juga memiliki rencana lainnya selama di UNY, yaitu aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa. Ia berencana bergabung dengan UKM yang bergerak di bidang bahasa asing yaitu UKM SAFEL (Student Activity of Foreign Languages) sebagai wadah yang tepat untuk mengambangkan mengembangkan potensi dirinya.

Dinas berharap ia bisa menjalin banyak relasi pertemanan selama kuliah dan setelah lulus ia ingin melanjutkan S2 pada program studi Psikologi. Dimana upacara penerimaan mahasiswa baru ini bukan hanya menjadi awal dari perjalanan akademik mereka, tetapi juga menjadi cerminan semangat inklusif dan keberagaman yang selalu dijunjung tinggi oleh UNY.

Penulis
Panji Nur Fitri Yanto, Annis Na'immatun, Bela Juliana
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU